Skip to main content

Lapisan Es Dangkal di Mars Bisa Membantu Astronot Masa Depan

Para ilmuwan melaporkan lapisan es tipis dangkal di Mars hanya sedalam 1-2 meter dari permukaan tanah yang bisa membantu para astronot masa depan membangun pemukiman. Es tipis yang terpapar di lereng curam juga dapat membantu mengungkapkan sejarah iklim Planet Merah.

Lapisan es tipis adalah sebuah kabar baik bagi para penjelajah Planet Merah masa depan yang berharap untuk menggunakan air tersebut untuk diminum atau untuk menciptakan oksigen untuk bernafas atau untuk membuat hidrogen sebagai bahan bakar pesawat ruang angkasa.

Laporan Penelitian Lapisan Es Dangkal di Mars Bisa Membantu Astronot Masa Depan

"Apa yang baru dan menarik di sini adalah lapisan es hanya terpendam dangkal," kata Colin Dundas, planetolog di U.S. Geological Survey di Flagstaff, Arizona.

Dundas dan rekan menggunakan satelit Mars Reconnaissance Orbiter untuk mengamati delapan wilayah di mana lereng curam disebut scarps mengungkapkan es. Pada tahun 2008, lander Phoenix Mars mengungkap es di dekat kutub utara, tapi laporan baru lebih dekat ke khatulistiwa pada sekitar 55 lintang utara dan selatan.

Pencitraan resolusi tinggi menunjuk es dilansir menjadi lapisan tipis mungkin berasal dari salju jutaan tahun lalu ketika kutub utara menunjuk ke arah yang berbeda. Para peneliti juga melihat batu-batu besar muncul dari es dimana erosi membuat lapisan es retak beberapa milimeter setiap tahun.

"Ini pada dasarnya memberikan penampang melintang melalui sejarah baru-baru ini," kata Dundas.

Jurnal : Colin M. Dundas et al. Exposed subsurface ice sheets in the Martian mid-latitudes, Science, 12 Jan 2018, DOI:10.1126/science.aao1619

Comments