Skip to main content

Paus Purba Adalah Karnivora Raptorial Dilengkapi Gigi Tajam

Paus purba adalah predator keras dengan gigi tajam. Raksasa laut ramah dan makan krill kecil pada hari ini memiliki nenek moyang yang dilengkapi dengan gigi tajam untuk berburu anjing laut dan penguin. Para ilmuwan melaporkan teka-teki Mysticicia modern yang mencakup paus biru, bungkuk, kanan dan baleen.

Satu hipotesis bahwa paus purba yang hidup 25 juta tahun lalu memiliki gigi bulat berbentuk saringan untuk meraup mangsa seperti yang digunakan oleh anjing laut Antartika hari ini. Tapi analisis fosil yang dilaporkan ke Biology Letters menunjuk gigi gergaji tajam untuk menangkap dan memotong, bukan untuk menyaring.

Laporan Penelitian Paus Purba Adalah Karnivora Raptorial Dilengkapi Gigi Tajam

"Mereka karnivora raptorial. Mudah-mudahan Anda meletakkan salah satu hipotesis alternatif tentang bagaimana paus ini berevolusi dan memperjelas skenario," kata Alistair Evans, biolog Monash University.

Evans dan rekan membuat model 3D gigi dari delapan spesies paus punah dan empat karnivora darat yaitu coyote, singa, dingo, puma, dan lima anjing laut. Tim menganalisis fitur ketajaman, keruncingan dan kelekukan sebagai proksi kemampuan menjebak dan memotong makanan.

Gigi tumpul dan bundar sesuai dengan penggunaannya, tapi gigi paus purba jauh lebih dekat dengan karnivora darat seperti singa daripada anjing laut. Paus purba adalah "pengumpan raptorial" untuk menangkap mangsa besar dan mengunyah, mirip paus paus pembunuh modern Orcinus orca.

Jurnal : David P. Hocking et al. Ancient whales did not filter feed with their teeth, Biology Letters, DOI:10.1098/rsbl.2017.0348

Comments