Skip to main content

Genom Salamander Pleurodeles waltl Membuka Rahasia Regenerasi

Genom Salamander memberi petunjuk tentang kemampuan regeneratif yang unik. Tim peneliti Karolinska Institutet di Swedia mengurutkan genom raksasa salamander Pleurodeles waltl yang enam kali lebih besar dari pada genom manusia. Sebuah keluarga gen memberi petunjuk tentang kemampuan regenerasi jaringan kompleks.

Pertama kalinya sekuen seluruh genom yang memungkinkan penemuan baru mengenai kemampuan amfibi untuk meregenerasi neuron otak dan seluruh bagian tubuh. Di antara temuan adalah banyak salinan kelompok microRNA tertentu dimana pada mamalia ditemukan pada sel induk embrionik dan juga pada sel tumor.

Laporan Penelitian Genom Salamander Pleurodeles waltl Membuka Rahasia Regenerasi

"Menarik untuk mengetahui bagaimana regenerasi pada organisme dewasa yang mengaktifkan kembali gen embrio. Perlu melakukan studi fungsional molekul microRNA dalam regenerasi dan juga link ke sel kanker," kata Profesor András Simon di Karolinska Institutet.

Simon memprediksi kombinasi gen yang unik di dalam salamander dan bagaimana gen lain yang lebih umum mengatur dan mengendalikan proses regenerasi yang sebenarnya menjadi penting dalam kelimpahan gen microRNA sel punca. Salah satu alasan genom salamander belum diurutkan karena tantangan teknis dan metodologis.

"Baru sekarang teknologi tersedia untuk menangani genom besar semacam itu. Teknologi terbaru memungkinkan pengurutan lebih efesien," kata Simon.



Tim di Karolinska Institutet sekarang terlibat dengan peneliti lain untuk mengeksplorasi genom baru dan menguji hipotesis baru melalui perbandingan sistematis dengan mamalia yang selama ini menjadi tantangan utama para ilmuwan di seluruh dunia.

"Sepuluh tahun yang lalu salamander diketahui menciptakan semua sel yang mati dalam Parkinson dalam empat minggu, kita sekarang akan menyelidiki proses molekuler yang mendasari. Temuan kami diharapkan dapat mengarah pada pengembangan strategi regeneratif baru untuk manusia," kata Simon.

Jurnal : Ahmed Elewa et al. Reading and editing the Pleurodeles waltl genome reveals novel features of tetrapod regeneration, Nature Communications, 22 December 2017, DOI:10.1038/s41467-017-01964-9

Comments