Skip to main content

Pisang Cavendish Modifikasi Genetik Tahan Jamur TR4

Eksperimen lapangan di Australia menunjukkan pohon pisang yang dimodifikasi secara genetik dapat melawan jamur mematikan yang menyebabkan penyakit Panama dan telah menghancurkan tanaman pisang di Asia, Afrika, Australia dan menjadi ancaman besar bagi para petani pisang di Amerika.

Laporan Penelitian Pisang Cavendish modifikasi genetik tahan jamur TR4

Pisang adalah salah satu produk pangan paling populer di dunia, menjadi makanan pokok lebih dari 400 juta orang dan memiliki nilai bisnis besar. Pada tahun 1950an, jamur tanah menghancurkan varietas Gros Michel yang populer di Amerika Latin.

Para petani mengganti dengan varietas Cavendish yang lebih tahan dan sekarang menghasilkan lebih dari 40% hasil panen di seluruh dunia. Pada tahun 1990an, musuh Cavendish muncul di Asia Tenggara. Jamur baru ini disebut ras tropis layu Fusarium 4 (TR4).

Fungisida tidak dapat mengendalikan TR4, sementara desinfektan pada sepatu bot dan alat pertanian bisa membantu, tapi tidak cukup. TR4 terdeteksi di Timur Tengah pada tahun 2012 dan muncul di Mozambik setahun kemudian. Sekarang telah mencapai China dan tahun ini sampai Vietnam. Hanya benua Amerika yang belum terkena.

James Dale dan tim di Queensland University of Technology di Brisbane mengkloning gen resistansi bernama RGA2 dari sejenis pisang liar dan diinput ke dalam Cavendish untuk menciptakan enam baris salinan yang bervariasi. Mereka juga menciptakan garis Cavendish dengan gen Ced9 dari nematoda yang tahan berbagai jamur.

LaporanPenelitian.com Pisang Cavendish modifikasi genetik tahan jamur TR4

Pada tahun 2012, tim menanam pisang transgenik dan kelompok kontrol di sebuah lahan sekitar 40 kilometer tenggara Darwin di mana penyakit Panama pertama kali menyerang 20 tahun lalu. Para peneliti mengubur material yang terinfeksi di dekat masing-masing tanaman.

Eksperimen selama 3 tahun menghasilkan 67% sampai 100% tanaman pisang kontrol mati atau memiliki daun kuning, layu dan batang busuk. Namun 80% tanaman bergaris masing-masing RGA2 dan Ced9 benar-benar kebal dan tidak menggurangi ukuran buah. Para peneliti melaporkan ke Nature Communications.

Jurnal : James Dale et al. Transgenic Cavendish bananas with resistance to Fusarium wilt tropical race 4, Nature Communications, 14 November 2017, DOI:10.1038/s41467-017-01670-6

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.