Skip to main content

Paus Bowhead Menggosok Batu Untuk Melepas Kulit

Paus Bowhead (Balaena mysticetus) datang ke Cumberland Sound di Nunavut untuk menggaruk kepala. Rekaman udara drone merekam paus bowhead di Arktik Kanada dan mengungkap bahwa mamalia flamboyan besar tersebut merana dan menggunakan batu untuk melepas kulit mati.

Rekaman tersebut memberikan satu jawaban atas misteri mengapa paus kembali ke Cumberland Sound, Nunavut, setiap musim panas dan membantu menjelaskan beberapa perilaku tidak biasa yang telah dicatat secara historis oleh masayarakat Inuit dan para penunggang kuda yang tinggal dan bekerja di daerah tersebut.

Laporan Penelitian Paus Bowhead Menggosok Batu Untuk Melepas Kulit

"Ini adalah pengamatan insidental. Kami berada di sana untuk mendokumentasikan mangsa dan perilaku makan, tapi kami melihat beberapa perilaku aneh di dekat pantai," kata Sarah Fortune, oceanografer University of British Columbia di Vancouver.

Fortune dan tim sedang di atas sebuah kapal saat paus berbalik ke sisi mereka dan melambaikan sirip dan ekor ke udara. Ketika para periset mengirim drone untuk merekam dari atas, mereka melihat batu-batu besar di bawah air bahwa paus sedang menggosok badan ke batu untuk melepas kulit mati.

"Kita sekarang tahu bahwa Cumberland Sound berfungsi sebagai habitat untuk makan dan molting. Sangat sedikit yang diketahui tentang molting pada spesies paus besar lainnya," kata Fortune.

Perairan pantai yang hangat di musim panas dapat membantu memfasilitasi molting. Suhu samudra diperkirakan akan meningkat dan perubahan berimplikasi pada waktu, durasi, energi yang dibutuhkan untuk molting dan makanan paus.



Ilmuwan tidak tahu bagaimana paus akan beradaptasi dengan lingkungan yang berubah. Fortune berharap melakukan studi lebih lanjut. Paus bowhead adalah mamalia laut terpanjang di planet ini dengan rentang hidup hingga 200 tahun.

Seiring perubahan laut, krustasea Arktik berlemak dan bertubuh besar yang dikenal sebagai zooplankton sebagai mangsa paus beralih ke habitat baru di utara, sementara spesies bertubuh kecil dan beriklim sedang yang memiliki energi lebih rendah cenderung mendominasi perairan.

Jurnal : Sarah M. E. Fortune et al. Evidence of molting and the function of “rock-nosing” behavior in bowhead whales in the eastern Canadian Arctic, PLoS ONE, November 22, 2017, DOI:10.1371/journal.pone.0186156

Comments

Popular

Ancient Steroids Establish the Ediacaran Fossil Dickinsonia as One of the Earliest Animals

Ayam Jantan Pangkat Tertinggi Hak Berkokok Pertama

Mathematician Michael Atiyah Claims a Simple Proof for Riemann Hypothesis

Habitual Tool Use Innovated by Free-living New Zealand Kea

Chinese scientists call for cooperation against asteroid threat