Skip to main content

Paus Bowhead Menggosok Batu Untuk Melepas Kulit

Paus Bowhead (Balaena mysticetus) datang ke Cumberland Sound di Nunavut untuk menggaruk kepala. Rekaman udara drone merekam paus bowhead di Arktik Kanada dan mengungkap bahwa mamalia flamboyan besar tersebut merana dan menggunakan batu untuk melepas kulit mati.

Rekaman tersebut memberikan satu jawaban atas misteri mengapa paus kembali ke Cumberland Sound, Nunavut, setiap musim panas dan membantu menjelaskan beberapa perilaku tidak biasa yang telah dicatat secara historis oleh masayarakat Inuit dan para penunggang kuda yang tinggal dan bekerja di daerah tersebut.

Laporan Penelitian Paus Bowhead Menggosok Batu Untuk Melepas Kulit

"Ini adalah pengamatan insidental. Kami berada di sana untuk mendokumentasikan mangsa dan perilaku makan, tapi kami melihat beberapa perilaku aneh di dekat pantai," kata Sarah Fortune, oceanografer University of British Columbia di Vancouver.

Fortune dan tim sedang di atas sebuah kapal saat paus berbalik ke sisi mereka dan melambaikan sirip dan ekor ke udara. Ketika para periset mengirim drone untuk merekam dari atas, mereka melihat batu-batu besar di bawah air bahwa paus sedang menggosok badan ke batu untuk melepas kulit mati.

"Kita sekarang tahu bahwa Cumberland Sound berfungsi sebagai habitat untuk makan dan molting. Sangat sedikit yang diketahui tentang molting pada spesies paus besar lainnya," kata Fortune.

Perairan pantai yang hangat di musim panas dapat membantu memfasilitasi molting. Suhu samudra diperkirakan akan meningkat dan perubahan berimplikasi pada waktu, durasi, energi yang dibutuhkan untuk molting dan makanan paus.



Ilmuwan tidak tahu bagaimana paus akan beradaptasi dengan lingkungan yang berubah. Fortune berharap melakukan studi lebih lanjut. Paus bowhead adalah mamalia laut terpanjang di planet ini dengan rentang hidup hingga 200 tahun.

Seiring perubahan laut, krustasea Arktik berlemak dan bertubuh besar yang dikenal sebagai zooplankton sebagai mangsa paus beralih ke habitat baru di utara, sementara spesies bertubuh kecil dan beriklim sedang yang memiliki energi lebih rendah cenderung mendominasi perairan.

Jurnal : Sarah M. E. Fortune et al. Evidence of molting and the function of “rock-nosing” behavior in bowhead whales in the eastern Canadian Arctic, PLoS ONE, November 22, 2017, DOI:10.1371/journal.pone.0186156

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.