Skip to main content

Bakteri Adalah Mesin Penggiling Makanan Dalam Usus

Mikrobiom adalah pengiling makanan dalam usus. Kontraksi spontan saluran pencernaan memainkan peran penting pada hampir semua hewan dan memastikan fungsi usus sehat. Invertebrata sederhana hingga manusia memiliki pola yang sama dimana kontraksi otot ritmis memudahkan pengangkutan dan pencampuran isi usus.

Kontraksi di dalam usus dikenal sebagai peristaltik dan sangat penting untuk proses pencernaan. Berbagai penyakit pada saluran pencernaan seperti radang usus parah pada manusia akibat dari gangguan pada peristaltik normal.

Laporan Penelitian Bakteri Adalah Mesin Penggiling Makanan Dalam Usus

Sangat sedikit peneliti yang fokus meneliti faktor-faktor yang mendasari kontraksi ini. Sekarang untuk pertama kalinya tim peneliti Zoological Institute di Kiel University membuktikan bahwa kolonisasi bakteri usus memainkan peran penting dalam mengendalikan fungsi peristaltik.

Para ilmuwan melaporkan contoh polip air tawar Hydra dimana pemicu kontraksi spontan normal dari jaringan otot dari sistem saraf. Ritme tertentu dan tanpa stimulasi eksternal mengeluarkan impuls listrik yang akhirnya mencapai otot polos dinding usus dan menyebabkan berkontraksi.

"Contoh dari polip air tawar sederhana Hydra telah menunjukkan kepada kita bahwa kolonisasi bakteri mikrobiom pada organisme dapat mempengaruhi kontraksi rongga pencernaan," kata Thomas Bosch.



Tidak seperti organisme lain yang lebih kompleks, Hydra tidak memiliki usus dalam arti sebenarnya. Rongga tubuh sederhana diasumsikan sebagai fungsi saluran pencernaan. Jaringan sekitarnya juga menunjukkan kontraksi khas yang terkait usus.

Para peneliti membandingkan Hydra normal yang memiliki kolonisasi bakteri khas dengan mikrobioma yang benar-benar dikeluarkan dengan koktail antibiotik. Organisme tanpa kolonisasi bakteri menunjukkan pengurangan kontraksi, irama gerakan terganggu dan jeda antar kontraksi lebih lama.

Jurnal : Andrea P. Murillo-Rincon et al. Spontaneous body contractions are modulated by the microbiome of Hydra, Scientific Reports, 21 November 2017, DOI:10.1038/s41598-017-16191-x

Comments

Popular

Ancient Steroids Establish the Ediacaran Fossil Dickinsonia as One of the Earliest Animals

Ayam Jantan Pangkat Tertinggi Hak Berkokok Pertama

Mathematician Michael Atiyah Claims a Simple Proof for Riemann Hypothesis

Habitual Tool Use Innovated by Free-living New Zealand Kea

Chinese scientists call for cooperation against asteroid threat