Skip to main content

Planet Kerdil Haumea Memiliki Cincin

Planet kerdil Haumea memiliki cincin. Planet yang berputar hula-hoop di porosnya menjadi objek pertama di luar orbit Neptunus dalam sistem tata surya yang diketahui memiliki puing-puing di sekelilinginya. Para peneliti menemukan partikel di sekitar planet berbentuk telur sebagai sebuah cincin planet.

Laporan Penelitian Planet Kerdil Haumea Memiliki Cincin

"Sekarang tampak bahwa cincin adalah umum di tata surya bagian luar," kata Jose-Luis Ortiz, astronom Institute of Astrophysics of Andalusia di Granada, Spanyol.

Haumea atau minor-planet 136108 Haumea adalah planet kerdil yang berada di luar orbit Neptunus. Ditemukan pada tahun 2004 oleh sebuah tim yang dipimpin oleh Mike Brown dari Caltech di Observatorium Palomar dan secara independen pada tahun 2005 oleh Ortiz Moreno di Observatorium Sierra Nevada di Spanyol.

Ortiz dan rekan pada tanggal 21 Januari lalu menggunakan 12 teleskop di 10 observatorium untuk mengintip Sabuk Kuiper. Wilayah benda-benda dingin di luar orbit Neptunus dan melihat Haumea memblokir cahaya bintang jauh. Gerhana mungil memungkin tim mengukur ukuran, bentuk, dan lingkungan lebih akurat.

Haumea ternyata lebih besar dimana poros yang panjang membentang setidaknya 2.322 kilometer dan kurang padat dari teori sebelumnya. Para peneliti juga melihat bintang latar belakang berkedip-kedip dimana cahaya diblokir oleh cincin dengan sepanjang 70 kilometer pada sekitar 1.000 kilometer Haumea.

Cincin mungkin terbuat dari batu dan es. Bisa jadi puing-puing ditendang oleh dampak dari batuan ruang angkasa kecil atau bahkan oleh rontokan Haumea sendiri yang berputar. Planet berputar sangat cepat dan menyelesaikan rotasi setiap 3,9 jam sekali.

Sampai saat ini empat planet raksasa yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus adalah objek tata surya yang diketahui memiliki cincin. Kemudian pada tahun 2014 dan 2015 para astronom melihat cincin di sekitar planetoid kecil 10199 Chariklo dan 2060 Chiron.

Chariklo dan Chiron dikenal sebagai centaurus yaitu benda-benda yang melintasi orbit Jupiter dan Neptunus. Beberapa astronom berspekulasi Sabuk Kuiper mengganggu cincin di sekitar centaur. Cincin Haumea menunjukkan struktur terbentuk dan bertahan di pinggiran sistem tata surya.

Jurnal : J. L. Ortiz et al. The size, shape, density and ring of the dwarf planet Haumea from a stellar occultation, Nature, 11 October 2017, DOI:10.1038/nature24051

Comments

Popular

The Genetic Prehistory of the Andean Highlands 7000 Years BP Though European Contact

Modern Slavery Promotes Overfishing

Yuhan Signed a Deal with Janssen Biotech to License Out Lazertinib

A Bet-hedging Strategy for Denitrifying Bacteria Curtails Their Release of N2O

Dlk1-Dio3 Locus-derived lncRNAs Perpetuate Postmitotic Motor Neuron Cell Fate and Subtype Identity