Skip to main content

Pasukan Robot Melakukan Konfigurasi Mandiri

Robot modular self-reconfiguring bergabung, membagi dan bahkan menyembuhkan diri sendiri sambil tetap mempertahankan kontrol sensorimotor. Para peneliti di Université libre de Bruxelles membangun robot yang berpotensi untuk memproduksi robot yang dapat mengubah ukuran, bentuk dan fungsi secara mandiri.

Laporan Penelitian Pasukan Robot Melakukan Konfigurasi Mandiri

Tim peneliti di Université libre de Bruxelles mengambangkan robot-robot yang dikendalikan oleh sistem saraf di mana sensor yang fleksibil dan adaptif. Pasukan robot modular terdiri dari beberapa unit yang dapat membentuk sebagai bentuk kolektif dan saling koordinasi.

Marco Dorigo dan rekan merancang robot-robot yang dapat menyesuaikan tubuh dengan membelah dan menggabungkan diri menjadi entitas robot independen baru. Perangkat otonom memilih bentuk dan ukuran yang tepat sebagai respons terhadap tugas atau lingkungan.



Sistem saraf robotik juga bisa berpisah dan bergabung untuk mempertahankan kontrol sensorimotor. Robot-robot ini bahkan bisa menyembuhkan diri dengan mengeluarkan atau mengganti bagian yang tidak berfungsi, termasuk unit otak yang tidak berfungsi.

Tim melaporkan ke Nature Communications. Dorigo mengatakan di masa depan robot tidak akan lagi dirancang dan dibangun untuk tugas tertentu dan produksi sebuah robot dapat menyesuaikan diri dengan perubahan kebutuhan tugas-tugas yang sama sekali baru.

Jurnal : Nithin Mathews et al. Mergeable nervous systems for robots, Nature Communications, 12 September 2017, DOI:10.1038/s41467-017-00109-2

Comments

Popular

The Genetic Prehistory of the Andean Highlands 7000 Years BP Though European Contact

Modern Slavery Promotes Overfishing

Yuhan Signed a Deal with Janssen Biotech to License Out Lazertinib

A Bet-hedging Strategy for Denitrifying Bacteria Curtails Their Release of N2O

Dlk1-Dio3 Locus-derived lncRNAs Perpetuate Postmitotic Motor Neuron Cell Fate and Subtype Identity