Skip to main content

Mikroba Perut Membajak Emosi

Molekul kecil bisa membantu bakteri usus membajak emosi manusia. Bakteri di perut memiliki pengaruh aneh pada mood, depresi dan kecemasan, meskipun belum jelas bagaimana mekanisme link remote control otak. Tapi sebuah tim menunjuk perubahan mikro-DNA dengan mengelola produksi protein di daerah otak.

Penelitian Mikroba Perut Membajak Emosi

Para peneliti melaporkan temuan yang memiliki potensi pengembangan desain terapi baru untuk beberapa masalah kesehatan mental. Misalnya, ada atau tidak adanya bakteri usus dapat mempengaruhi apakah seseorang menunjukkan perilaku seperti kecemasan.

"Bukti menunjukkan bahwa cara kita berpikir dan merasa mungkin dikendalikan oleh mikrobiota usus kita," kata Gerard Clarke, psikiater di University College Cork di Irlandia.

Clarke dan rekan membandingkan tikus normal yang memiliki saluran pencernaan penuh bakteri dan tikus yang dibudidaya di lingkungan steril dimana perut tidak mengandung mikroba apapun. Tikus yang bebas mikroba memiliki kelebihan beberapa jenis microRNA dan kekurangan zat lain di amigdala dan korteks prefrontal.

Tim juga memeriksa microRNA pada tikus yang mengasup antibiotik. Tikus-tikus ini memproduksi lebih banyak atau memproduksi beberapa microRNA yang tidak sesuai takaran dibanding tikus bebas bakteri. Clarke menduga bakteri usus mempengaruhi tingkat kecemasan host dengan merusak microRNA di bagian otak tertentu.

Para peneliti masih belum yakin bagaimana bakteri mikroba menaikkan dan menurunkan sistem di otak. Mungkin mikroba mengirim sinyal di sepanjang saraf vagus yang membentang dari usus ke otak. Atau mungkin bakteri mengeluarkan produk sampingan molekuler yang memprovokasi sistem kekebalan tubuh.

Jurnal : Alan E. Hoban et al. Microbial regulation of microRNA expression in the amygdala and prefrontal cortex, Microbiome, 25 August 2017, DOI:10.1186/s40168-017-0321-3

Comments

Popular

The Genetic Prehistory of the Andean Highlands 7000 Years BP Though European Contact

Modern Slavery Promotes Overfishing

Yuhan Signed a Deal with Janssen Biotech to License Out Lazertinib

A Bet-hedging Strategy for Denitrifying Bacteria Curtails Their Release of N2O

Dlk1-Dio3 Locus-derived lncRNAs Perpetuate Postmitotic Motor Neuron Cell Fate and Subtype Identity