Skip to main content

Sistem Komputasi Kuantum Qubit Flip-Flop

Para peneliti di University of New South Wales mendesain komputasi kuantum baru. Sebuah arsitektur radikal komputasi kuantum disebut 'qubit flip-flop' menjanjikan desain chip kuantum skala besar secara dramatis lebih mudah dan lebih murah. Desain chip baru memungkinkan prosesor kuantum silikon meningkat tanpa penempatan atom.

Laporan Penelitian Sistem Komputasi Kuantum Qubit Flip-Flop

Para peneliti di UNSW mengembangkan sistem komputasi kuantum yang memungkinkan bit kuantum atau 'qubit' sebagai unit dasar informasi di komputer kuantum untuk ditempatkan terpisah dalam ratusan nanometer dan masih tetap terhubung.

Qubit baru ini bisa dikontrol menggunakan sinyal listrik, bukan magnetis. Sinyal listrik secara signifikan lebih mudah didistribusikan dan dilokalisasi dalam chip elektronik. Chip ini nantinya dapat diproduksi menggunakan teknologi perangkat yang sama seperti chip komputer di pasaran saat ini.



"Ini membuat pengembangan komputer kuantum jauh lebih mudah, karena didasarkan pada teknologi manufaktur yang sama seperti industri komputer saat ini," kata Andrea Morello.

"Pendekatan berbasis silikon kami lebih mudah dibuat dari pada perangkat skala atom, namun tetap memungkinkan kita menempatkan satu juta qubit pada milimeter persegi," kata Morello.

Jurnal : Guilherme Tosi et al. Silicon quantum processor with robust long-distance qubit couplings, Nature Communications, 06 September 2017, DOI:10.1038/s41467-017-00378-x

Comments