Skip to main content

Genom Manusia Modern Terbentuk 350.000 tahun lalu

DNA dari kerangka seorang anak laki-laki kuno yang terbaring di Afrika Selatan sekitar 2.000 tahun lalu mendorong lebih jauh kalender manusia modern paling awal. Homo sapiens mungkin telah muncul sebagai spesies yang secara genetis berbeda dari anggota genus Homo lainnya sejak 350.000 tahun lalu.

Laporan Penelitian Genom Manusia Modern Terbentuk 350.000 tahun lalu

Para ilmuwan menggunakan buku instruksi genetik dari seorang remaja yang sudah lama hilang untuk mendating munculnya manusia modern sebagai populasi yang berbeda dari genus Homo lainnya lebih awal dari perkiraan sebelumnya antara 350.000 hingga 260.000 tahun lalu.

Sebuah tim memulihkan versi lengkap DNA dari kerangka seorang anak laki-laki untuk membandingkan dengan DNA dari manusia saat ini, Homo neaderthalensis dan Denisovans untuk merekonstruksi apa saja yang mungkin telah terjadi. Para peneliti melaporkan temuan di Science.

Migrasi dari petani Afrika Barat ke Afrika Timur sekitar 2.000 tahun lalu dan kemudian ke Afrika bagian selatan sekitar 1.500 tahun lalu telah membentuk kembali genetika Afrika dan mengaburkan pola keturunan kuno lebih dari apa yang selam ini diteorikan.

DNA anak laki-laki kuno itu tidak terpengaruh oleh migrasi tersebut, sehingga memberikan tolok ukur terbaik sejauh ini untuk mengukur kapan H. sapiens berasal dari Afrika. Tim lain sebelumnya mengusulkan fosil 300.000 tahun yang ditemukan di Afrika barat laut berasal dari H. sapiens.

Beberapa peneliti menduga sebuah tengkorak dari situs Florisbad di Afrika Selatan berdating sekitar 260.000 tahun memenuhi syarat sebagai H. sapiens. Tapi para peneliti sering menempatkan spesies mendekati 200.000 tahun lalu. Ada konsensus luas beberapa fosil sejak saat itu mewakili H. sapiens.

Mattias Jakobsson, bioevolusionis Uppsala University, mengatakan perdebatan mengenai asal-usul manusia akan tetap berlanjut meskipun telah menemukan bukti baru dari kerangka yang digali dari garis pantai sebelumnya di dekat kota Teluk Ballito.

"Kami tidak tahu apakah fosil Homo sapiens purba atau individu Florisbad secara genetis terkait dengan anak laki-laki Ballito Bay," kata Jakobsson.

Waktu yang tepat munculnya manusia mordern dan pola perbedaan yang pasti di antara populasi manusia saat ini tetap tidak jelas, sementara evolusi manusia purba telah mengalami pencampuran dan pembauran yang berdampak besar pada kompleksitas urutan genetika.

Bukti DNA dari fosil yang lebih baru semakin menunjukkan bahwa sekelompok manusia Zaman Batu bermigrasi dari satu bagian Afrika ke satu wilayah lainnya dan kawin satu sama lain di sepanjang perjalanan. Kumpulan gen umum kuno itu masih terdiri dari potongan DNA berukuran besar yang terdiri dari orang Khoisan di Afrika bagian selatan.

LaporanPenelitian.com Genom Manusia Modern Terbentuk 350.000 tahun lalu

Penelitian sebelumnya menunjukkan Khoisan yang terdiri dari pemburu pengumpul San dan kelompok penggembala nomaden Khoikhoi yang memiliki keragaman genetik lebih banyak daripada populasi manusia lainnya saat ini.

Carina Schlebusch, bioevolusinis Uppsala University, memperkirakan percabangan genetik Khoisan dan Afrika lainnya kira-kira 260.000 tahun lalu atau tak lama setelah manusia modern muncul dan sekitar masa Florisbad. Orang Khoisan kemudian menyimpang menjadi dua populasi genetik sekitar 200.000 tahun lalu.

Schlebusch menggunakan DNA dari tujuh individu yang ditemukan di enam situs di Afrika Selatan. Tiga pemburu-pengumpul termasuk anak laki-laki Ballito Bay yang tinggal sekitar 2.000 tahun lalu dan empat petani yang hidup antara 500 hingga 300 tahun lalu.

Perbandingan DNA dari populasi modern di Afrika dan di tempat lain menunjukkan antara 9 hingga 30 persen DNA Khoisan saat ini berasal dari populasi Afrika Timur yang telah melakukan hubungan intim dengan orang-orang Eurasia.

Jurnal : Carina M. Schlebusch et al. Southern African ancient genomes estimate modern human divergence to 350,000 to 260,000 years ago, Science, 28 Sep 2017, DOI:10.1126/science.aao6266
Redaksi laporanpenelitian.com menerima kiriman tulisan dari siapa saja. Info lanjut kunjungi tautan ini.

Comments