Skip to main content

Rahasia Bulan Cressida Terungkap dari Cincin Uranus

Rahasia bulan Cressida terungkap menggunakan cincin Uranus dan latar belakang cahaya bintang. Cressida adalah satu dari setidaknya 27 bulan yang mengelilingi Uranus dan tim University of Idaho di Moskow telah menghitung kerapatan dan massa menggunakan variasi cincin dalam planet saat transit di depan bintang jauh.

Laporan Penelitian Rahasia Bulan Cressida Terungkap dari Cincin Uranus

Robert Chancia dan tim menghitung bahwa kepadatan Cressida sebesar 0,86 gram per sentimeter kubik dan massanya 2.5x1017 kilogram. Artinya jika Anda memasukkan Cressida ke dalam sebuah bak raksasa berisi air, maka bulan itu akan mengapung.

Teknik Chancia dan rekan memiliki urgensi penting. Mereka menggunakan cara pertama kali untuk mengungkap detail tentang bulan yang membatu peneliti lain mengetahui kepadatan atau kapan Cressida bertabrakan dengan bulan Uranus yang lain dan apa yang akan terjadi keduanya.

Cressida dan beberapa bulan linnya ditemukan oleh wahana Voyager 2 saat flyby di depan Uranus pada tahun 1986. Bulan-bulan tersebut mengorbit dalam rentang jarak 20.000 kilometer dari Uranus. Jarak dekat seperti itu menempatkan bulan pada potensi tabrakan dengan bulan lain seperti Desdemona dalam sejuta tahun.

Kepadatan Cressida menunjukkan air, es dan beberapa kontaminasi material lainnya. Menemukan material yang menyusun bulan juga akan mengungkap nasib akhir mereka setelah terjadi tabrakan, apakah mereka akan merger, terpental satu sama lain atau hancur menjadi jutaan bagian.

Referensi : Robert O. Chancia, Matthew M. Hedman, Richard G. French. Weighing Uranus' moon Cressida with the η ring, arXiv, Submitted on 24 Aug 2017, arXiv:1708.07566

Comments