Skip to main content

Enam Spesies Spons Baru Dicatat di Bunaken

Enam spesies spons baru dan asosiasi simbiotik baru dari segitiga karang di Sulawesi Utara. Indonesia terdiri lebih dari 17.000 pulau adalah salah satu tempat paling kaya keanekaragaman hayati di dunia. Daisy Makapedua dari Universitas Sam Ratulangi di Manado dan rekan-rekan peneliti internasional melaporkan spesies baru di Taman Nasional Bunaken.

Laporan Penelitian Enam Spesies Spons Baru Dicatat di Bunaken

Spons adalah organisme air dengan tubuh terdiri dari banyak pori-pori untuk memungkinkan masuknya air sebagai komponen kunci kekayaan laut dan memainkan peran mendasar dalam kelangsungan habitat karang. Habitat karang juga dikenal karena manfaat sebagai bahan obat.

Sayangnya, karena minim pengetahuan taksonomi, spons dari terumbu karang di Indonesia terlalu lama diabaikan. Tidak ada pemantauan survei dan program konservasi secara terstruktur dan masif, selain itu keragaman sebagian besar diremehkan.

Tim peneliti dari Universitas Sam Ratulangi, Università Politecnica delle Marche dan Università degli Studi di Genova mendeskripsi enam spesies baru di ZooKeys. Mereka bekerja sama dengan perusahaan farmasi PharmaMar untuk melakukan beberapa ekspedisi di perairan Pulau Sulawesi Utara.

Total 94 spesies demosponge termasuk 33 keluarga yang tinggal di Sulawesi Utara. Di antaranya adalah enam spesies baru dan dua keterkaitan simbiosis yang sebelumnya tidak diketahui. Tujuh dari spesies yang tercatat dikumpulkan untuk pertama kalinya sejak deskripsi asli.

"Keragaman yang mengesankan ini, kawasan ini merupakan tempat penting untuk wisata selam dan mendesak perlunya pengembangan praktik pariwisata yang lestari," kata Makapedua et al.

Jurnal : Barbara Calcinai et al. Demosponge diversity from North Sulawesi, with the description of six new species, ZooKeys, DOI:10.3897/zookeys.680.12135

Comments

Popular

The Genetic Prehistory of the Andean Highlands 7000 Years BP Though European Contact

Modern Slavery Promotes Overfishing

Yuhan Signed a Deal with Janssen Biotech to License Out Lazertinib

A Bet-hedging Strategy for Denitrifying Bacteria Curtails Their Release of N2O

Dlk1-Dio3 Locus-derived lncRNAs Perpetuate Postmitotic Motor Neuron Cell Fate and Subtype Identity