Skip to main content

Robot Lunak Menyembuhkan Diri Sendiri

Robot menyembuhkan diri sendiri setelah menambahkan panas ke material karet lembut. Sebuah robot lunak memulihkan diri sepenuhnya penuh dalam waktu sekitar satu hari. Tim peneliti Vrije Universiteit Brussel (VUB) menciptakan otot robot yang pulih sendiri setelah para peneliti mengiris, lalu memasukkan ke dalam oven.

Laporan Penelitian Robot Lunak Menyembuhkan Diri Sendiri

Panas hingga 80 Celsius memanggang bot selama 40 menit, kemudian mendinginkannya sampai suhu kamar dimana luka benar-benar tertutup. Dua puluh empat jam kemudian, mesin-mesin itu telah mengembalikan setidaknya 98 persen kekuatan dan fleksibilitas, seperti dikutip dari Tinuku.com.

Laporan terbaru di Science Robotics itu adalah insisi ikatan antara dua material kimia yang membentuk bahan, furan dan maleimide. Pada suhu yang lebih tinggi, senyawa kimia juga berpisah dan bergerak lebih mudah. Para peneliti mendinginkan material di mana senyawa mengikat ulang.

"Polimer memiliki banyak untaian berbeda yang mengunci bersama untuk membentuk material solid. Panas akan mengatur kembali untuk tetap bertahan tanpa meninggalkan titik lemah," kata Bram Vanderborght.



Temuan baru membantu mengatasi keterbatasan utama robot lunak dan fleksibel untuk menjelajahi medan kasar dan menangani benda-benda rapuh yang rentan tusukan. Mesin penyembuhan sendiri membuka jalan untuk menciptakan bot lembut tahan banting dan dapat digunakan kembali.

Jurnal : Seppe Terryn et al. Self-healing soft pneumatic robots, Science Robotics, 16 Aug 2017, DOI:10.1126/scirobotics.aan4268

Comments

Popular

The Genetic Prehistory of the Andean Highlands 7000 Years BP Though European Contact

Modern Slavery Promotes Overfishing

Yuhan Signed a Deal with Janssen Biotech to License Out Lazertinib

A Bet-hedging Strategy for Denitrifying Bacteria Curtails Their Release of N2O

Dlk1-Dio3 Locus-derived lncRNAs Perpetuate Postmitotic Motor Neuron Cell Fate and Subtype Identity