Skip to main content

Pengeditan Gen Babi Ciptakan Organ Untuk Manusia

Pengeditan gen menghasilkan anak babi bebas virus sebagai langkah lebih dekat menciptakan donor organ bagi manusia. Luhan Yang, genetikawan dan pendiri eGenesis Inc. di Cambridge menggunakan gunting molekuler dikenal sebagai CRISPR-Cas9 untuk menghapus virus endogen di DNA babi dan siap dipanen menjadi organ donor bagi manusia.

Laporan Penelitian Pengeditan Gen Babi Ciptakan Organ Untuk Manusia

Penghapusan Porcine Endogenous Retroviruses (PERVs) menciptakan anak babi yang tidak akan menyebarkan virus bawaan ke manusia penerima transplantasi. Yang dan rekan pada tahun 2015 melakukan hal yang sama untuk membersihkan 62 PERVs secara sekaligus dari genom yang tumbuh di lab.

Sebagian besar virus yang tertanam di dalam gen babi sudah rusak dan tidak bisa membuat salinan dirinya sendiri untuk menyebarkan infeksi. Para peneliti menghapus hanya 25 virus yang masih mampu menginfeksi sel lainnya.

Tim harus mengatasi beberapa rintangan teknis untuk membuat sel babi kehilangan PERVs yang masih memiliki jumlah kromosom normal. Para peneliti mengisap nukleus yang mengandung DNA dari sel dan menyuntikkannya ke dalam telur babi.

LaporanPenelitian.com Pengeditan Gen Babi Ciptakan Organ Untuk Manusia

Dikutip dari Tinuku.com, teknik yang disebut somatic cell nuclear transfer lebih dikenal dengan teknik kloning seperti dilakukan pada domba Dolly. Embrio yang terbuat dari sel kloning ditransplantasikan ke induk babi untuk berkembang menjadi anak babi.

Peneliti menempatkan 200-300 embrio di masing-masing 17 induk babi. Tetapi masih belum efesien, hanya 37 anak babi yang lahir dan 15 masih hidup. Bayi tertua telah berumur sekitar 4 bulan. Babi bebas virus semacam itu bisa menjadi titik awal manipulasi genetik lebih lanjut untuk membuat organ babi sesuai dengan kebutuhan manusia.

Jurnal : Dong Niu et al. Inactivation of porcine endogenous retrovirus in pigs using CRISPR-Cas9, Science, 10 Aug 2017, DOI:10.1126/science.aan4187
Redaksi laporanpenelitian.com menerima kiriman tulisan dari siapa saja. Info lanjut kunjungi tautan ini.

Comments