Skip to main content

Taksonomi Baru Megapoda Australia

Laporan Penelitian ~ Kalkun raksasa terbang pernah hidup di Australia 3 hingga 1 Juta Tahun lalu. Progura gallinacea adalah spesies kalkun sikat raksasa punah yang hidup selama Late Pliocene dan Early Pleistocene, termasuk di antara lima burung megapoda yang dideskripsi para paleontolog.

Laporan Penelitian Taksonomi Baru Megapoda Australia

Para ilmuwan membangdingkan dengan hati-hati fosil megapoda dari Queensland, New South Wales, Australia Selatan dan Australia Barat untuk menyimpulkan lima spesies punah yaitu Garrdimalga mcnamarai, Progura gallinacea, Progura campestris, Latagallina naracoortensis dan Latagallina olsoni.

Kelima burung adalah kerabat gemuk malleefowl (Leipoa ocellata) dan kalkun sikat (Alectura lathami), tapi Progura gallinacea berbeda dari yang lain dengan perkiraan massa 7,7 kg. P. campestris, L. naracoortensis, G. mcnamarai dan L. olsoni memiliki massa rata-rata 6,2 kg, 5,2 kg, 5,2 kg dan 2,9 kg.

"Temuan ini luar biasa bahwa lebih dari setengah megapoda Australia telah punah selama Pleistosen dan kita bahkan tidak menyadarinya sampai sekarang," kata Elen Shute, biolog Flinders University.

P. gallinacea memiliki kaki panjang dan ramping, sedangkan L. naracoortensis dan L. olsoni lebih pendek dan badan lebar. Megapoda raksasa hidup selama Pleistosen antara 5 juta hingga 11.000 tahun lalu bersama marsupial raksasa Tasmania punah seperti diprotodon, singa marsupial dan kanguru berwajah pendek.

Tidak ada burung yang membangun gundukan seperti sepupu Australia mereka yang masih hidup karena kaki kecil dan cakar khusus. Kemungkinan besar mereka mengubur telur di pasir atau tanah yang hangat seperti beberapa megapoda hidup di Indonesia dan Pasifik.

"Mengingat beberapa burung terbesar yang pernah tinggal di Australia belakangan ini telah lolos dari deteksi dalam rekaman fosil sampai sekarang," kata Trevor Worthy, biolog Flinders University.

"Kami menunjukkan minimnya pengetahuan kita tentang avifauna pra-manusia Australia. Mungkin banyak spesies punah yang lebih kecil juga menunggu ditemukan oleh para paleontolog," kata Worthy.

Jurnal : Elen Shute et al. Taxonomic review of the late Cenozoic megapodes (Galliformes: Megapodiidae) of Australia, Royal Society Open Science, 14 June 2017, DOI:10.1098/rsos.170233
Redaksi laporanpenelitian.com menerima kiriman tulisan dari siapa saja. Info lanjut kunjungi tautan ini.

Comments