Skip to main content

Bayi Rapetosaurus krausei Proporsi Tubuh Versi Miniatur Orangtua

Penelitian ~ Bayi titanosaur adalah orang tua versi mini. Tukik Rapetosaurus krausei seperti orang dewasa yang memberi keuntungan Titanosauridae menetas langsung berlari.

Tidak seperti beberapa jenis dinosaurus yang bergantung pada orang tua setelah menetas, keturunan vertebrata darat terbesar yang pernah berjalan di muka Bumi segera mandiri begitu setelah lahir.

Titanosaurs seperti Argentinosaurus, Apatosaurus dan Brontosaurus tumbuh dengan ukuran sangat besar, berkaki empat batang pohon, herbivora, panjang 15 meter dan berat 90 ton atau 25 kali gajah, tapi Rapetosaurus spesial dengan menetas proporsi orang dewasa.

Tidak seperti beberapa jenis dinosaurus yang bergantung pada orang tua setelah lahir, keturunan vertebrata darat terbesar yang pernah berjalan di muka Bumi menegaskan teori presosial vertebrata yang berarti mampu bergerak mandiri segera setelah lahir.

R. krausei tumbuh sangat cepat segera setelah menetas bahwa makhluk berdiri dan mulai hidup mandiri tanpa pengawasan orangtua kontras dengan sejumlah dinosaurus lainnya termasuk theropoda dan ornithischian dimana pengasuhan orangtua adalah penting.

Mungil dan lucu adalah hak semua bayi, tapi hipotesis lama hingga paleontolog menemukan tulang di laci penuh fosil buaya dengan satu kerangka miniatur menunjuk betapa kompleks dan bervariasi makhluk-makhluk kuno, sementara juga melukis gambaran luar biasa kehidupan awal raksasa.

Para ilmuwan melaporkan kesimpulan analisis sejumlah tulang tungkai, panggul, jari, jari kaki bayi sauropoda baru saja menetas yang terawetkan dengan baik ketika terbaring 67 juta tahun di Madagaskar memiliki proporsi anggota badan sebanding dengan spesimen dewasa.

"Ketika menemukan tulang sauropoda, mereka biasanya besar. Bahkan remaja lebih besar dari sapi. Ini kesempatan pertama kami mengeksplorasi kehidupan sauropod baru saja menetas," kata Kristina Curry Rogers, biogeolog Macalester College di Minnesota.


"Ini berarti mereka tidak membutuhkan pengasuhan orangtua setelah menetas atau kelahiran. Mereka lebih mandiri dan mampu mencari makan lebih cepat setelah tiba di tempat kejadian," kata Rogers.

"Seperti rusa kutub yang berdiri hanya 6 menit setelah lahir, berjalan 30 menit kemudian dan berlari lebih cepat dari hyena hanya 1 hari setelah lahir," kata Rogers.

Rapetosaurus adalah jenis sauropod dikenal sebagai titanosaurus yang berarti titanik kadal. Pemakan tumbuhan dengan kepala kecil tapi leher bisa tumbuh panjang ugal-ugalan memiliki keuntungan evolusioner bahwa para muda cepat keluar dari sarang dan mudah mengelak predator yang lebih besar.

"Kami mengukur rinci bayi dan membandingan proporsi lingkar poros dan panjang tulang ke sejumlah lainnya. Meskipun perubahan besar-besaran dalam ukuran tubuh, proporsi tetap sama," kata Rogers.

R. krausei bayi tertimbang antara 2,5 hingga 4,3 kilogram ketika lahir dan ketika meninggal antara 39 hingga 77 hari kemudian beratnya 40 kilogram dan tinggi 35 sentimeter atau 11 persen dari ukuran terbesar para Rapetosaurus yang akrab diketahui.

Jurnal : Kristina Curry Rogers et al. Precocity in a tiny titanosaur from the Cretaceous of Madagascar, Science, 22 Apr 2016, DOI:10.1126/science.aaf1509

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …