Skip to main content

Dinosaurus Terseok 48 Juta Tahun Sebelum Final Asteroid Chicxulub

Penelitian ~ Dinosaurus terseok-seok bertahan hidup puluhan juta tahun sebelum peristiwa kepunahan. Panggung raksasa sudah menurun jauh sebelum dihabisi asteroid Chicxulub.

Perdebatan panjang penuh dendam berjalan di antara para ilmuwan tentang kesejahteraan dinosaurus yang berujung tragis tahun-tahun terakhir di muka Bumi mendapat salvo baru yang mendukung teori bahwa regim raksasa kehilangan kekuasaan puluhan juta tahun sebelum serangan asteroid.

Parselisihan panas yang mewarnai karir para paleontolog atas subjek kontroversial dengan satu pihak mengatakan bahwa dinosaurus tumbang tiba-tiba oleh azab astronomi, sementara pihak yang lain mengatakan mereka sudah menurun pelan-pelan jauh sebelumnya.

Triassic akhir sekitar 220 juta tahun lalu dengan spesies baru muncul lebih cepat dan yang lain punah. Tapi kekayaan mulai berubah jauh sebelum asteroid selebar 10 kilometer memukul Teluk Meksiko 66 juta tahun lalu di antaranya pekan lalu entomolog berteori parasit patogen ikut berperan dalam kepunahan.

Para ilmuwan pekan ini melaporkan dengan yakin berdasarkan penyisiran catatan fosil dari seluruh dunia dan analisis statistik menunjuk bahwa berbagai spesies dinosaurus punah untuk jangka waktu setidaknya 40 juta tahun sebelum puing-puing kosmik menabrak Bumi

"Tidak ada keraguan Chicxulub adalah paku terakhir peti mati dinosaurus dengan pengecualian burung. Tapi jelas bahwa mereka sudah melewati jurang kepunahan," kata Manabu Sakamoto, paleontolog University of Reading.

Sauropoda vegetarian berleher panjang makhluk darat terbesar turun paling cepat, tapi theropoda yang mencakup karnivora ikonik Tyrannosaurus rex menghilang lebih bertahap bahwa faktor-faktor yang menekan perjuangan hidup adalah aktivitas gunung berapi berkelanjutan.

Pukulan final datang sebuah asteroid dengan dampak beruntun ketika memicu badai debu besar ke atmosfer yang memblokir sinar Matahari dan mendorong periode pendinginan global serta kematian luas tanaman sebagai sumber penting makanan.

"Selama puluhan juta tahun sebelum kepunahan final, dinosaurus sudah mulai kehilangan dominansi di Bumi. Sengketa tidak terselesaikan karena orang-orang kurang teliti statistik dan kerangka evolusi yang tepat," kata Sakamoto.

Tiga kelompok utama dinosaurus yaitu ornithischian meliputi herbivora paruh bebek seperti tegosaurus, theropoda meliputi karnivora T. rex dan sauropoda herbivora berleher panjang termasuk Diplodocus menepi secara bertahap mnurut tren masing-masing.

Jurnal : Manabu Sakamoto et al. Dinosaurs in decline tens of millions of years before their final extinction, Proceedings of the National Academy of Sciences, April 18, 2016, DOI:10.1073/pnas.1521478113

Comments

Populer

DNA Memecahkan Misteri Bagaimana Mumi Terkait Satu Sama Lain

DNA memecahkan misteri bagaimana mumi-mumi terkait satu sama lain dimana sepasang mumi Mesir kuno yang dikenal lebih dari satu abad sebagai dua saudara sebenarnya adalah saudara tirinya. Kedua pria berpangkat tinggi tersebut memiliki seorang ibu, namun ayah yang berbeda.

Para arkeolog mengatakan sebuah jawaban tentang keluarga yang teredam dan terungkap berkat keberhasilan dua jenis DNA dari gigi mumi. Laporaan di Journal of Archaeological Science menyoroti pentingnya garis keturunan ibu dalam menganalisis orang-orang Mesis kuno.


Pertanyaan telah berputar-putar tentang latar belakang biologis dua mumi pria sejak ditemukan bersama di sebuah makam di dekat desa Rifeh pada tahun 1907. Makam berasal dari Dinasti ke-12 Mesir kuno antara tahun 1985 SM hingga 1773 SM. Prasasti peti mati menyebutkan seorang wanita, Khnum-Aa, sebagai ibu kedua pria tersebut.

Kedua mumi digambarkan sebagai putra gubernur lokal yang tidak disebutkan namanya. Tetap tidak jelas apakah prasasti tersebut merujuk pad…

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.

Moratorium Laut Internasional Untungkan Nelayan Pesisir

www.LaporanPenelitian.com - Larangan penangkapan ikan di laut lepas dapat meningkatkan hasil tangkapan global menjadi lebih adil.

Nenek Moyang Salamander Meregenerasi Anggota Badan

Penelitian ~ Nenek moyang salamander meregenerasi tungkai, fosil amfibi kuno menunjukkan tanda tangan mekanisme penggantian embel-embel sejauh era Permian.

Fosil Gua Misliya di Israel adalah Manusia Modern Tertua di Luar Afrika

Sebuah rahang mendorong keberangkatan manusia dari Afrika kembali pada waktunya dimana fosil ditemukan di gua Israel setidaknya berdating 177.000 tahun. Sebuah tulang di Israel saat manusia modern meninggalkan Afrika memberi pesan eksodus kuno dimulai lebih awal dari apa yang diteorikan selama ini.

Gua Misliya di Gunung Carmel di Israel menghasilkan rahang parsial Homo sapiens dengan perkiraan dating pada 177.000 hingga 194.000 tahun yang menunjukkan manusia modern bisa saja meninggalkan Afrika dan mencapai Timur Tengah sekitar 60.000 tahun lebih awal dari perkirakan sebelumnya.


Sampai sekarang fosil H. sapiens tertua yang diketahui di luar Afrika ditemukan di Gua Skhul dan Qafzeh di Israel berdating pada 90.000 dan 120.000 tahun, tetapi temuan baru mengisaratkan manusia meninggalkan Afrika sekitar 300.000 tahun lalu dan mencapai Timur Tengah lebih dari 200.000 tahun lalu

"Rahang Misliya memberikan bukti paling jelas nenek moyang kita pertama kali pindah dari Afrika jauh lebih aw…