Skip to main content

Data Baru HARPS Meredupkan Penjelasan Bintik Cerah Planet Ceres

Penelitian ~ Data baru memperdalam misteri titik terang Planet Ceres. Plot berkilauan ditangkap NASA Dawn yang sedikit terkuat tampaknya ada yang lebih membingungkan.

Bintik terang misterius Planet Kerdil redup tiba-tiba. Planet Ceres selebar 950 kilometer adalah benda terbesar di sabuk asteroid yaitu kerumunan disk berbatu di antara orbit Mars dan Jupiter kembali tenggelam dalam teka-teki.

Patch berkilauan yang ditangkap orbiter NASA Dawn ketika berkunjung tahun lalu yang menyebabkan kalangan ilmiah berebut untuk menjelaskan fenomena tetap tidak bergeming dalam petak umpet.

Meskipun pada bulan Desember tahun lalu sebuah tim melaporkan bahwa mereka dengan gembira telah menemukan penjelasan bukti patch terang di planet kerdil terbentuk dari hidrasi magnesium sulfat, data baru cepat memadamkannya.

Mekanisme kabut dalam kawah Occator selebar 90 kilometer dengan emisi debu, partikel es dan uap air yang dihasilkan sinar Matahari ketika memanaskan lapisan permukaan pada siang hari bukan keseluruhan cerita.

Para ilmuwan pekan lalu menggunaka spektrograf High Accuracy Radial velocity Planet Searcher (HARPS) menyatakan misteri titik terang tetap dalam berkas perkara bahwa tempat cerah dan peredupan ketika menghangat dan mendingin tidak terjadi dalam keteraturan.

"Begitu probe Dawn mengungkap titik terang misterius di permukaan Ceres, saya langsung berpikir efek yang sama dari Bumi," kata Paolo Molaro, astronom INAF-Trieste Astronomical Observatory.



"Ceres berputar menghadap Bumi dan kemudian surut lagi yang mempengaruhi spektrum sinar Matahari yang dipantulkan ketika tiba ke Bumi. Kecerahan berfluktuasi yang tidak diprediksi berdasarkan orbit Ceres," kata Molaro.

"Kami menemukan perubahan spektrum berdasarkan rotasi Ceres, tetapi dengan variasi lain yang cukup fluktuatif dari malam ke malam," kata Molaro.

Pada bulan Juli, pengamatan semalam menyarankan bintik-bintik yang berubah mungkin disebabkan beberapa penguapan molekul saat matahari menghangatkan permukaan planet. Tapi pengamatan pada bulan Agustus tidak muncul perubahan tersebut.

"Ceres berputar setiap 9 jam dan perhitungan efek yang disebabkan oleh rotasi ini sangat kecil dari 20 km per jam. Tapi gerakan ini cukup besar untuk diukur melalui efek Doppler dengan instrumen presisi tinggi seperti HARPS," kata Molaro.

Para ilmuwan perlu lebih banyak data untuk mencari tahu mengapa fluktuasi terjadi. Jika Ceres benar-benar secara aktif menciptakan dan menguapkan beberapa jenis es berarti dunia lebih dingin dan lebih aktif dalam geologi dari perhitungan sebelumnya.

Rujukan : P. Molaro et al. Daily variability of Ceres' Albedo detected by means of radial velocities changes of the reflected sunlight, arXiv, Submitted on 10 Feb 2016, arXiv:1602.03467

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.