Skip to main content

Masyarakat Curang Membantuk Negara Korup dan Sebaliknya

Penelitian ~ Masyarakat yang korup mendorong negara korup. Norma-norma sosial yang penuh penipuan politik, korupsi dan penggelapan pajak diturunkan dari individu pembohong.

Ketika Anda memutuskan untuk "Setuju" berbohong kemungkinan besar Anda juga menemukan orang-orang dalam posisi kekuasaan melakukan hal yang sama bahwa Anda hidup dalam standar norma dalam masyarakat.

Orang lebih cenderung untuk berbohong jika mereka tinggal di negara dengan tingkat korupsi tinggi di mana lembaga-lembaga masyarakat juga diisi dengan orang-orang yang memiliki impunitas kecurangan.

Ketika Anda dikelilingi sampah dan tembok grafiti, Anda lebih cenderung menjatuhkan sampah dengan cara yang sama. Orang lebih cenderung melanggar aturan jika di sekitar mereka juga berisi orang-orang yang melanggar aturan.

Para ilmuwan pekan ini melaporkan analisis kejujuran intrinsik dan prevalensi pelanggaran aturan bahwa orang-orang dari masyarakat yang lebih korup cenderung lebih tidak jujur dibanding masyarakat yang taat aturan.

"Ini adalah eksperimen sederhana di mana Anda diminta menunjukkan kartu mati. Jika seseorang jujur, maka semua anggota kelompok juga jujur," kata Simon Gächter, ekonom University of Nottingham.

Eksperimn dilakukan di 23 negara yang berbeda dalam tingkat korupsi. Lebih dari 2.500 orang dites untuk melihat bagaimana tingkat kejujuran ketika berada dalam situasi di mana orang lain tidak tahu.

"Kita tidak bisa mengatakan setiap individu apakah berbohong atau jujur. Tetapi dalam sekelompok orang, kita dapat menilai hukum statistik," kata Gächter.

Ketidakjujuran terbentuk atas pembenaran dalam masyarakat dan apa yang terjadi di sekeliling kehidupan sehari-hari. Jika Anda hidup dalam masyarakat di mana semua orang melanggar aturan sepanjang waktu, maka Anda lebih mungkin juga melakukannya.

"Temuan ini memberikan kita gambaran lebih besar tentang universalitas karakter yang berbeda. Citra diri jujur dan tidak jujur mengacu pada apa yang mereka lihat dalam lingkungan," kata Gächter.

Lembaga yang lemah memungkinkan banyak korupsi dan pelanggaran aturan lain tidak hanya memiliki konsekuensi ekonomi yang merugikan masyarakat, tetapi juga mempengaruhi kejujuran intrinsik masyarakat.

"Teori kejujuran memprediksi batas keinginan untuk mempertahankan citra diri yang positif sebagai orang jujur," kata Gächter.

Jurnal : Simon Gächter & Jonathan F. Schulz. Intrinsic honesty and the prevalence of rule violations across societies, Nature, 09 March 2016, DOI:10.1038/nature17160

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.