Skip to main content

Virus Zika Link Gangguan Neurologis Sindrom Guillain-Barré

Penelitian ~ Virus Zika mengikat gangguan neurologis sangat mengkhawatiran, flavivirus parasit nyamuk Aedes membekas dalam kasus sindrom Guillain-Barré.

Untuk beberapa orang dewasa virus Zika adalah ruam seperti gangguan flu musiman, tapi pada segelintir orang lain virus memicu penyakit neurologis parah selain kelahiran bayi cacat mikrosefali.

Sekitar 1 dari 4.000 orang yang terinfeksi virus Zika di Polinesia Perancis selama wabah tahun 2013-2014 mendapat penyakit autoimun langka yang disebut sindrom Guillain-Barré.

Total 42 orang yang didiagnosis dengan Guillain-Barré selama wabah semua memiliki sidik jari antibodi yang mengarsip riwayat baru infeksi Zika, sedangkan kelompok kontrol pasien tidak memiliki.

Beberapa negara yang dihantam Zika telah melaporkan sindrom Guillain-Barré seperti Kolombia yang biasanya 220 kasus per tahun, tapi hanya dalam 5 minggu selama Desember 2015 dokter mendiagnosis 86 kasus.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan negara wabah Zika lain yang terkena dampak termasuk Brasil, El Salvador dan Venezuela telah melaporkan peningkatan luar biasa jumlah luar kasus sangat tinggi.

Para ilmuwan pekan ini menegaskan pesan dari wabah Zika bahwa negara dalam pergolakan Zika hari ini harus siap menyediakan kapasitas tempat tidur perawatan intensif kepada pasien sindrom Guillain-Barré.

"Sebagian besar pasien GBS melaporkan gejala infeksi virus Zika rata-rata 6 hari sebelum gejala neurologis dan semua dilakukan antibodi virus Zika," kata Arnaud Fontanet dari Pasteur Institute di Paris.

Karena standar tinggi pelayanan kesehatan dan laboratorium di Polinesia Perancis setara dengan Perancis, para ilmuwan mengumpulkan data dan informasi sangat baik. Semua pasien ditanggani ahli saraf dengan tertib.

Link Zika dan Guillain-Barré tampaknya kuat, tapi Fontanet mengatakan risiko sindrom pasca infeksi cukup rendah karena kesempatan kurang dari 1 persen, meskipun 3-5 persen orang dengan Guillain-Barré meninggal karena komplikasi.

"Sangat penting bahwa orang-orang tidak berpikir jika mendapatkan Zika, Anda harus mendapatkan Guillain-Barré," kata Fontanet.

Sindrom dimulai ketika sistem kekebalan tubuh menyerang saraf perifer yang menyebabkan sensasi kesemutan ekstremitas bawah. Pada kasus yang parah menyebabkan lumpuh total dan tergolek dengan ventilator di unit perawatan intensif.

Virus lainnya termasuk HIV, influenza dan demam berdarah yang dikenal dapat memicu Guillain-Barré mungkin melalui interaksi dengan sistem kekebalan tubuh, meskipun rincian mekanisme tetap teka-teki.

Waktu onset Guillain-Barré memudahkan ilmuwan menunjuk Zika karena sindrom muncul beberapa hari atau minggu setelah reda infeksi yang menawarkan pembacaan lebih cepat daripada menunggu mikrosefali pada bayi berbulan-bulan.

Para ilmuwan multinasional segera memperluas penelitian mereka dalam kolaborasi disebut International Guillain-Barre Syndrome Outcome Study ke Brazil dan Kolombia untuk mencari tanda-tanda infeksi Zika pada orang dengan sindrom.

"Kami sedang mengembangkan versi baru protokol IGOS yang lebih terfokus pada Zika dan flaviviruses lainnya untuk mendukung penelitian," kata Bart Jacobs, imunologi Erasmus University Medical Center di Rotterdam, Belanda.

Penelitian lebih lanjut juga bisa membantu menjelaskan mengapa beberapa orang rentan terhadap Guillain-Barré. Genetika, infeksi virus sebelumnya ataukah racun yang mungkin semuanya memainkan peran.

Jurnal : Van-Mai Cao-Lormeau et al. Guillain-Barré Syndrome outbreak associated with Zika virus infection in French Polynesia: a case-control study, The Lancet, 29 February 2016, DOI:10.1016/S0140-6736(16)00562-6

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …