Skip to main content

Jaringan Saraf Artropoda Kambrium Chengjiangocaris kunmingensis

Penelitian ~ Sistem saraf dikonfirmasi di antara paling tertua dan paling rinci yang pernah ditemukan. Chengjiangocaris kunmingensis menawarkan wawasan unik evolusi arthropoda.

Seikat jaringan saraf langka dan rapi tersimpan dalam fosil mahkluk mirip udang C. kunmingensis yang digali di China Selatan kembali 520 juta tahun lalu diantara asal-usul paling awal sistem saraf sebelum tulang belakang.

Setengah miliar tahun lalu adalah waktu yang sangat penting sejarah kehidupan Bumi yang dikenal sebagai ledakan Cambrian di mana laju evolusi bergerak sangat cepat yang muncul indah dalam catatan fosil.

Tidak seperti tulang dan gigi yang biasanya ditemukan membatu, munculnya jaringan lunak dan saraf tertentu kehidupan zaman Kambrium awal adalah masalah lain yang membanggakan.

Sementara salah satu keluarga yang dikenal sebagai fuxhianhuiid pertama kali diidentifikasi 3 tahun lalu, penjelasan internal C. kunmingensis secara komprehensif kepemilikan sistem saraf datang pekan ini.

Para ilmuwan melaporkan fuxianhuiids sebagai leluhur langsung arthropoda modern dengan kaki bersendi dan badan tersegmentasi termasuk lobster, laba-laba dan kaki seribu menyoroti wawasan baru evolusi fauna berkerangka.

"Jaringan saraf sangat langka dan hanya sedikit spesimen menunjukkan jejak otak atau tali saraf," kata Javier Ortega-Hernandez, paleontolog University of Cambridge di UK.

Benang di bagian bawah tubuh adalah fitur interval cluster jaringan saraf disebut ganglia seperti untaian manik-manik gelap yang masing-masing mengalir ke perut dan mengendalikan motor sepasang kaki.


Meskipun struktur juga ditemukan pada arthropoda modern, fosil C. kunmingensis menyampaikan hal yang sama dengan sejumlah besar akar saraf bercabang sederhana menjadi benang-benang saraf lebih kecil.

"Ini sedikit jumlahnya. Satu-satunya kelompok di mana kita menemukan hampir sama pada cacing beludru," kata Ortega-Hernandez.

Temuan mengesankan membuka jendala unik bagaimana evolusi sistem saraf arthropoda selain juga sifat proses fosilisasi yang bisa mereplikasi berbagai koleksi di Museum.

Jurnal : Jie Yang et al. Fuxianhuiid ventral nerve cord and early nervous system evolution in Panarthropoda, Proceedings of the National Academy of Sciences, March 1, 2016, DOI:10.1073/pnas.1522434113

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.