Skip to main content

Tim DZero Fermilab Temukan Tetraquark Empat Rasa Berbeda

Penelitian ~ Fisikawan Fermilab menemukan kemungkinan baru tetraquark. DZero mengumumkan temuan partikel yang diyakini bagian keluarga eksotis tetraquark.

Meskipun collider Tevatron di Fermilab resmi pensiun tahun 2011 setelah sejarah panjang kemuliaan temuan ilmiah, run data masih menghasilkan hal-hal menarik yang elementer mengisi alam semesta.

Sinyal tersembunyi dalam bongkahan data yang memenuhi lima sigma standar emas signifikansi fisika partikel bahwa hanya sekitar 1 dari 6 juta kesempatan sebagai temuan kebetulan mengkonfirmasi dugaan partikel baru.

Pertama kali diteorikan Murray Gell-Mann dan George Zweig tahun 1964 bahwa quark yang diketahui terkecil dari materi biasanya bergabung dalam kelompok 2 atau 3 untuk membentuk partikel subatom bisa lebih banyak.

Proton dan neutron dalam inti atom masing-masing terdiri dari kombinasi 3 quark yang datang dalam 6 rasa berbeda yaitu up, down, strange, charm, bottom dan top dalam ratusan kombinasi.

Pekan ini tim kolaborasi DZero di fasilitas Fermilab U.S. Department of Energy mengumumkan temuan partikel baru yang diyakini menjadi bagian keluarga eksotis tetraquark tanpa keraguan.

"Kami melaporkan pengamatan struktur X (5568) di urutan pembusukan → B0sπ ±, B0S → J / ψφ, J / ψ → μ + μ-, φ → K + K sebagai pengamatan pertama hadronic dengan quark valensi berbeda," kata Nigel Lockyer, Direktur Fermilab dan rekan.

"Temuan anggota unik keluarga tetraquark dengan empat rasa quark berbeda membantu teori pengembangan model yang memungkinkan pemahaman lebih dalam," kata Lockyer.

Untuk waktu yang lama fisikawan harus melihat bukti quark datang dalam konfigurasi selain 2 atau 3 meskipun Gell-Mann memperkirakan kemungkinan ada partikel terbuat dari 4 atau bahkan 5 quark.

Tahun 2003 fisikawan Jepang menemukan bukti pertama tetraquark dan sejak itu beberapa kandidat tetraquark lainnya diidentifikasi di LHC Beauty Large Hadron Collider di tahun 2014 dan 2013.

Seperti namanya jenis-jenis partikel terdiri dari 4 quark erat terikat bersama oleh gaya nuklir kuat. Pentaquark bahkan lebih eksotis, partikel terdiri dari 5 quark diidentifikasi kolaborasi LHCb tahun 2015 menjadi top sains.

Tetraquark X (5568) tidak biasa bahkan di antara anggota keluarga eksotis yang umumnya mengandung setidaknya 2 quark dari rasa yang sama. X (5568) terdiri quark dari 4 rasa berbeda yaitu up, down, strange dan bottom.


Tim DZero menemukan partikel baru dengan memilih keluar tanda tangan pembusukan unik data Tevatron selama kurun tahun 2002-2011 yang melibatkan miliaran peristiwa tumbukan.

"Pertanyaan berikutnya memahami bagaimana 4 quark menyatu. Semua bisa meringkuk bersama dalam satu bola atau mungkin salah satu pasang quark terikat erat pada jarak tertentu dari pasangan lainnya," kata Paul Grannis, juru bicara DZero.

Di antara wawasan lain penjelasan lebih lanjut struktur internal dan sifat tetraquark baru ini yang memberitahu fisikawan tentang bagaimana gaya kuat bekerja untuk mengikat partikel subatom bersama-sama.

Rujukan : D0 Collaboration. Observation of a new B0sπ± state, arXiv, last revised 25 Feb 2016l, arXiv:1602.07588

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.