Skip to main content

Dating Gaun Tarkhan Mesir Kuno 5.000 Tahun Pakaian Tertua

Penelitian ~ Gaun indah Mesir adalah karya tata busana tertua yang pernah ditemukan. Dating radiokarbon menunjuk produk tailor Tarkhan berumur lebih dari 5.000 tahun.

Tenunan tertua yang pernah ditemukan indah dijahit dan rapi sinyal kompleksitas dan kekayaan masyarakat kuno. Tekstil jarang dan langka, beberapa potong pakaian awal terbuat dari serat tanaman atau kulit binatang sering dalam disintegrasi.

Para ilmuwan melaporkan vintage mode garmen Mesir bagian tertua teknik cutting dan menysuaikan pemakai bahwa radiokarbon menempatkan gaun Tarkhan yang diangkat dari pemakaman Mesir kuno pada tahun 5.100 hingga 5.400 tahun lalu.

Gaun linen berleher V dengan lengan panjang sempit mungkin dipesan seorang wanita kalangan sosial elit sebelum dinasti pertama Mesir muncul sekitar 5100 tahun lalu terlihat sempurna di department store modern.

Detail halus hanya bisa dilakukan perajin khusus dan hanya muncul pada masyarakat sejahtera dan hirarkis seperti Mesir kuno ketika sistem kerajaan pertama kali bersatu di bawah satu penguasa tunggal.


Inovasi pakaian menyesuaikan bentuk tubuh mungkin telah dibuat bahkan lebih awal Tarkhan. Penjahit dan spesialis lainnya muncul dalam masyarakat ketika petinggi kerajaan mencari barang prestise bersama-sama dengan makanan dan kosmetik.

Lipatan di siku dan ketiak juga mengisyaratkan bahwa seseorang pernah mengenakan gaun dan bukan hanya seragam seremonial di batu nisan seperti jubah serupa dengan tulisan rahasia daftar item yang dibawa ke akhirat.

Rujukan : Alice Stevenson & Michael W. Dee. Confirmation of the world’s oldest woven garment: the Tarkhan Dress, Antiquity Project Gallery

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.