Skip to main content

Ledakan Radio FRB 150.418 dari Galaksi di Canis Major

Penelitian ~ Ledakan radio menunjuk galaksi yang jauh. Untuk pertama kalinya ledakan misterius gelombang radio cepat terlacak sumbernya di galaksi jauh.

Teka-teki sejak tahun 2007 munculnya tiba-tiba ledakan kuat gelombang radio dari kosmos masing-masing berlangsung tidak lebih dari beberapa milidetik yang membuat para astronom pusing kepala sedikit mendapat petunjuk.

Hanya 17 FRBs ditemukan sejauh ini, meskipun banyak lagi di luar sana menunggu ditemukan dengan perkiraan hingga 10.000 per hari memukul langit Bumi selain juga tidak berharap bintang bergabung sesering mungkin.

Satu dari seluruh laporan FRBs ditemukan jauh setelah sinyal mencapai Bumi oleh trawl arsip data teleskop. Tapi hari ini superkomputer memproses sinyal-sinyal secara real time dan mendeteksi saat tiba.

Para ilmuwan pekan ini melaporkan sumber satu pulsa fast radio bursts (FRBs) berasal dari sebuah galaksi sejauh 1,9 miliar parsec atau 6 miliar tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Canis Major mungkin hasil tabrakan 2 bintang neutron.

"Kami melaporkan ledakan cepat radio FRB 150.418 dan identifikasi 6 hari setelah kejadian untuk melacak di mana galaksi berasal," kata Simon Johnston, astronom CSIRO di Australia.

Pada tanggal 18 April 2015 Teleskop Radio Parkes di Australia mendeteksi ledakan berlangsung kurang dari 1 milidetik. Resolusi Parkes tidak cukup baik untuk menentukan lokasi sinyal.

Dua jam setelah ledakan awal Australia Telescope Compact Array di New South Wales menangkap apa yang tampaknya sisa-sisa cahaya radio memudar di wilayah yang sama.

Para astronom berlari untuk mempersempit pencarian menggunakan Subaru Telescope 8,2 meter di Mauna Kea, Hawaii, yang menunjuk lokasi di sebuah galaksi elips tunggal hampir pasti sumber ledakan.

Galaksi relatif tua sehingga bintang baru sangat jarang. Para peneliti menduga ledakan berasal dari tabrakan 2 bintang neutron yang mengorbit spiral satu sama lain menuju kematian setelah bergabung.

Tidak semua FRBs cocok skenario dengan tabrakan bintang neutron. Desember lalu Green Bank Telescope di West Virginia tampaknya menunjuk sebuah bintang neutron muda dengan medan magnet kuat memancarkan flare intens.

Penggabungan bintang biner juga salah satu sumber diusulkan sinyal gelombang gravitasi yang ditemukan LIGO dari merger 2 lubang hitam. Jika diproduksi mungkin bisa mendeteksi FRBs dan gelombang gravitasi dari sumber dan waktu yang sama.

"Yang satu ini mungkin sedikit jauh untuk LIGO untuk melihat, tapi ya pada prinsipnya jika Anda punya gelombang gravitasi dan ledakan radio cepat," kata Johnston.

Rujukan : E. F. Keane et al. A Fast Radio Burst Host Galaxy, arXiv, Submitted on 24 Feb 2016, arXiv:1602.07477

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …