Skip to main content

Perempuan Dibayar Lebih Murah di Pasar Lelang Online eBay

Penelitian ~ Meskipun di dunia maya, hasil kerja perempuan dibayar dolar lebih rendah dibanding laki-laki. Bias gender konsisten di semua tempat bahkan juga terjadi di dunia online.

Wanita melakukan bedah saraf di rumah sakit, duduk di kursi hakim, menjadi astronot dan mencalonkan diri sebagai presiden. Tapi ketika datang untuk menjual sesuatu di eBay, mereka tetap ditekan menjadi kelas dua.

Pria mendapatkan 20% lebih banyak dari rata-rata wanita yang menjual produk-produk baru identik di situs belanja online eBay menjadi sekat buram abadi bias sadar yang mempengaruhi perilaku membeli.

John Smith mungkin mendapatkan $300 ketika menjual merek baru iPhone 6 dan Jane Smith hanya mendapatkan $240 bahkan jika kedua listing identik dan pada waktu yang bersamaan.

Wanita yang menjual barang secara online mendapatkan harga yang lebih tinggi jika mereka bersedia menerapkan trik sederhana yaitu berpura-pura memiliki nama sebagai laki-laki.

Para ilmuwan pekan ini melaporkan salah satu pertama yang menunjuk bagaimana konsistensi ketidaksetaraan dan diskriminasi yang menempatkan perempuan pada posisi kurang menguntungkan bahkan di pasar online.

"Kami tidak terkejut melihat celah tapi terkejut melihat begitu besar gap meskipun perempuan dan laki-laki menjual barang yang persis sama," kata Tamar Kricheli-Katz, sosiolog Tel Aviv University.

Orang tanpa sadar memberikan nilai lebih untuk produk-produk lelang yang dimiliki laki-laki daripada perempuan yang menyebabkan calon pembeli menawar dengan harga lebih.

Kricheli-Katz dan ekonom Tali Regev diperbolehkan eBay Research Lab memeriksa dataset penjualan 420 produk paling populer dari berbagai kategori yang dilakukan para vendor antara tahun 2009 hingga 2012.

Online shop eBay tidak mencantumkan secara eksplisit jenis kelamin penjual, tapi pembeli sering bisa mengetahui mudah dengan melihat nama pengguna penjual dan item produk yang dijual.

"Jika seseorang menjual iPhone, tetapi juga sepatu dan tas maka relatif mudah untuk mengidentifikasi mereka seorang wanita dan semakin banyak item yang dijual semakin akurat kategorisasi," kata Kricheli-Katz.

Salah satu strategi bagi perempuan adalah mengubah nama laki-laki dan menjual 1 item barang laki-laki pada suatu waktu untuk membantu menyembunyikan jenis kelamin meskipun cara ini tidak baik.

"Kita tidak ingin hidup di dunia di mana orang menyembunyikan jenis kelamin mereka. Mungkin tampak strategi yang baik, tetapi kita harus mengurangi kesenjangan ini dengan cara lain," kata Kricheli-Katz.

Jurnal : Tamar Kricheli-Katz & Tali Regev. How many cents on the dollar? Women and men in product markets, Science Advances, 19 Feb 2016, DOI:10.1126/sciadv.1500599

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.