Skip to main content

Spesies Invasif Penyebab Kedua Kepunahan Spesies Pribumi

Credit: Jeffrey Beall
Penelitian ~ Spesies invasif dituding sebagai penyebab terbesar kedua kepunahan massal. Peran penjajah bermain atas musnahnya spesies asli yang telah lama diperdebatkan konservasionis.

Keanekaragaman hayati secara alami bervariasi dinamis secara substansial di atas ruang dan waktu, tetapi variasi pada akhirnya akibat dari 4 proses kunci yaitu spesiasi, imigrasi, emigrasi dan kepunahan.

Red List berisi katalog spesies punah dan terancam yang disusun International Union for Conservation of Nature (IUCN) dan para peneliti di University College London mengumpulkan data 247 spesies tanaman, amfibi, reptil, burung dan mamalia yang hilang sejak tahun 1500.

Spesies invasif adalah ancaman paling umum peringkat kedua setelah perburuan, memancing atau penangkapan yang dilakukan manusia. Korban paling tinggi dilakukan fauna pendatang adalah amfibi, mamalia dan reptil.

Sejumlah relatif kecil patut untuk menyalahkan kucing, tikus dan kambing sebagai salah satu pemusnah paling umum bersama dengan mikroorganisme seperti jamur chytrid yang menghabisi amfibi dan parasit malaria burung.

Kedatangan rubah merah Eropa ke Australia memiliki dampak negatif pada banyak spesies dan terlibat dalam kepunahan tikus gurun dan kanguru. Kucing juga menyebabkan kepunahan beberapa burung yang bersarang di tanah.

Jurnal : Céline Bellard, Phillip Cassey, Tim M. Blackburn. Alien species as a driver of recent extinctions, Biology Letters, 17 February 2016, DOI:10.1098/rsbl.2015.0623

Comments

Popular

An Evolutionarily-conserved Wnt3/β-catenin/Sp5 Feedback Loop Restricts Head Organizer Activity in Hydra

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

Capit Udang Secepat Kilat Menciptakan Gelombang Kejut

Biofluoresensi Sinar Neon Umum di Dunia Ikan

Batu Mengisahkan Banjir Besar China dan Fajar Dinasti Xia 4000 Tahun Lalu