Skip to main content

Aplikasi MyShake Deteksi Gempa Bumi dari Smartphone

Penelitian ~ Aplikasi baru menempatkan detektor gempa Bumi di saku Anda. Teknologi smartphone memanfaatkan aplikasi MyShake untuk melacak getaran gempa.

Jika Anda perlu untuk mendeteksi gempa Bumi, ada sebuah aplikasi untuk itu. Seismolog memanfaatkan motion-sensing accelerometer yang dibangun ke dalam smartphone untuk mendeteksi getaran.

Aplikasi MyShake pada akhirnya memberikan peringatan dini mendekati gempa di daerah luar jaringan seismometer canggih. Ponsel tidak hanya mengumpulkan data tetapi juga mengeluarkan peringatan.

Gerakan tanah destruktif mengambil waktu untuk keluar dari episentrum gempa besar yang berarti orang-orang di lokasi bisa menerima peringatan penting beberapa detik dari ponsel mereka.

MyShake telah dikerahkan sebelum April 2014 saat gempa Nepal, sistem menyediakan 20 detik peringatan sebelum gempa melanda Kathmandu di mana sebagian besar korban jiwa jatuh.



Para ilmuwan pekan lalu melaporkan hasil uji aplikasi dengan menempatkan smartphone di meja bergetar meniru temblor nyata. MyShake akurat merekam kekuatan 5 skala richter atau di atasnya yang berjarak 10 kilometer dari pusat gempa.

"Hanya beberapa detik peringatan yang Anda butuhkan untuk segera tiarap berlindung dan bertahan," kata Richard Allen, seismolog University of California Berkeley.

"Para ilmuwan sosial memberitahu kami tentang gempa Bumi terakhir, jika semua orang berlindung di bawah meja yang kokoh, perkiraan jumlah korban cedera ditekan mejadi 50%," kata Allen.



Aplikasi menggunakan algoritma canggih untuk menganalisis semua getaran yang berbeda muncul onboard telepon. Algoritma dilatih membedakan antara gerakan manusia sehari-hari dan situasi khusus ketika gempa.

Setelah dipicu, MyShake mengirimkan pesan ke server pusat melalui jaringan seluler. Hub menghitung lokasi dan ukuran gempa. Error positif disaring karena server terhubung ke stasiun seismik dan GPS monitoring ribuan ponsel lainnya.

Jurnal : Qingkai Kong et al. MyShake: A smartphone seismic network for earthquake early warning and beyond, Science Advances, DOI:10.1126/sciadv.1501055

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.