Skip to main content

Robot Kecoa Kompresibel Menembus Rongga Sempit

Penelitian ~ Robot terinspirasi kecoa dapat bergoyang melalui ruang rapat. Robot Periplaneta americana mampu merangkak di celah karena badan kompresibel.

Serangga adalah hewan paling sukses di Bumi yang mengeksploitasi hampir di mana-mana dan Anda harus memiliki inspirasi bagaimana membuat sebuah robot dapat melakukan hal yang sama.

Para ilmuwan merancang robot seukuran telapak tangan terinspirasi kecoa Periplaneta americana. Kokoh dan tersegmentasi setinggi 12 milimeter mampu menembus ruang setinggi 4 milimeter dan menahan himpitan 900 kali berat tubuh sendiri.

"Mereka dapat berlari cepat melalui celah seperempat inci dengan reorientasi kaki benar-benar keluar ke samping," kata pemimpin Kaushik Jayaram, biolog University of California Berkeley.

"Tinggi sekitar setengah inci ketika berjalan secara bebas tetapi dapat squish tubuh hingga sepersepuluh inci. Setinggi dua uang ditumpuk," kata Jayaram.

Versi robot baru adalah Compressible Robot with Articulated Mechanisms (CRAM) yang memiliki selubung lipatan plastik banyak berlapis dan tulang belakang fleksibel.



Kerangka eksternal memungkinkan bot mengecil 7,5 sampai 3,5 sentimeter di area terbatas. Enam kaki juga meniru posisi kaki kecoa ketika merayap melalui ruang luas atau sempit.

"Ini prototipe, tapi menunjukkan kelayakan arah baru penggunaan model yang paling efektif untuk soft robot yaitu hewan dengan exoskeleton," kata Robert Full, biolog University of California Berkeley.

Versi masa depan suatu hari nanti digunakan dalam misi pencarian dan penyelamatan, menavigasi dalam puing-puing akibat gempa atau ledakan dalam mencari korban selamat.
Cockroaches traverse crevices, crawl rapidly in confined spaces, and inspire a soft, legged robot

Kaushik Jayarama and Robert J. Full

Proceedings of the National Academy of Sciences, February 8, 2016, DOI:10.1073/pnas.1514591113

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.