Skip to main content

Perilaku Pembaca Berita Online Prediksi Pergerakan Saham

Penelitian ~ Perilaku membaca online memprediksi pergerakan saham. Data real-time menyediakan alat untuk memantau pasar dan memperingatkan krisis keuangan.

Pola penelusuran web ketika orang membaca berita keuangan dapat digunakan untuk membuat prediksi akurat pergerakan saham beberapa menit sampai sehari sebelumnya.

Jika dilakukan pengembangan lebih lanjut, teknik baru berguna bagi otoritas keuangan karena mereka secara alamiah memantau pasar dan berusaha untuk menangkis munculnya krisis.

Para ilmuwan menduga bahwa prediksi orang atas saham lebih mungkin dilakukan berdasarkan sentimen positif atau negatif yang diungkapkan dalam sebuah artikel tentang perusahaan tertentu.

Indikator kunci lain berapa banyak orang benar-benar mengklik link dalam artikel-artikel sebagai tanda pengaruh sosial dan berapa banyak pembacanya menaruh perhatian.

Gabriele Ranco, fisikawan IMT Institute for Advanced Studies di Lucca, Italia, dan rekan menggunakan data tahun 2012 dan 2013 portal online berita keuangan Yahoo! Finance.

“Revolusi digital mengubah kemampuan kita memahami masyarakat dan peramalan hasil dari banyak sistem sosial dan ekonomi,“ kata Ranco dan rekan.

“Sayangnya, informasi bisa sangat heterogen dalam relevansi dan mempengaruhi kekuatan prediksi metode semantik dan statistik,“ kata Ranco dan rekan.

Ranco menimbang ukuran yang mencerminkan perilaku pembaca. Sampel 100 perusahaan di AS yang paling sering disebut dalam artikel berita memberi ukuran sentimen untuk setiap artikel.

Sinyal menunjuk bagaimana sentimen pada siang hari dan seberapa kuat. Para peneliti kemudian membandingkan sinyal ini dengan fluktuasi pasar sebenarnya yaitu harga, volume dan volatilitas untuk 100 saham berbeda.

Titik poin datang bahwa sinyal menawarkan kapasitas prediksi meningkat secara signifikan untuk gerakan saham bahkan pergerakan dalam waktu beberapa menit kemudian.

“Kami menunjukkan agregasi perilaku pengguna web untuk memprediksi sistem kompleks yaitu pasar keuangan,“ kata Ranco dan rekan.
Coupling News Sentiment with Web Browsing Data Improves Prediction of Intra-Day Price Dynamics

Gabriele Ranco et al.

PLoS ONE, January 25, 2016, DOI:10.1371/journal.pone.0146576

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.