Skip to main content

Exoplanet BD+20594b Setengah Neptunus Tapi Dunia Batu

Penelitian ~ Planet berbatu datang tidak seperti biasanya. Diameter setengah Neptunus, BD+20594b, adalah 100 persen batu yang menatang teori bahwa planet besar tak harus dunia gas.

Kategorisasi planet di sistem surya dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kecil berbatu dan gas raksasa menjadi kabur karena exoplanet yang baru ditemukan berbagi ciri yaitu berbatu besar dan mungkin ada juga gas kecil.

Dip samar yang memukul Teleskop Kepler antara Februari hingga April 2015 melihat kecurigaan dua transit identik bintang BD+20594 terpisah 42 hari duduk 500 tahun cahaya di konstelasi Aries.

Spektrum cahaya dengan cepat menghitung planet BD+20594b yang mengorbit adalah 16 kali massa Bumi tapi memiliki kepadatan 8 gram per sentimeter kubik dimana Bumi sendiri 5,5 gram per sentimeter kubik.

Sementara komposisi mirip Bumi berisi core besi dikelilingi mantel MgSiO3, komposisi BD+20594b murni MgSiO3 dari permukaan sampai ke dalam dan tetap menjadi pesaing kuat sejarah batu terbesar.

Para ilmuwan pekan lalu melaporkan pandangan baru setelah melihat sebuah planet terbuat dari besi berdiameter 2 kali Bumi bahwa setiap kali Anda memiliki fakta baru kemungkinan pengecualian selalu muncul.

“Planet berada dalam ≈42 hari orbit dengan radius 2,23 + 0.14-0.11R⊕ dan massa 16,3 + 6.0-6.1M⊕,“ kata Néstor Espinoza, astrofisikawan Pontifical Catholic University of Chile di Santiago.

“Data di tangan paling konsisten dengan komposisi batu murni dan kandungan volatil rendah yang membuat perkecualian langka exoplanet seukuran Neptunus yang ditemukan sejauh ini,“ kata Espinoza dan rekan.

Pada ukuran setengah Neptunus, planet harus mengandung gas, tapi tidak ketika datang ke dunia batu besar exoplanet BD+20594b mungkin mengalahkan semua dunia lain yang dikenal.
A Neptune-sized Exoplanet Consistent with a Pure Rock Composition

Néstor Espinoza et al.

arXiv, Submitted on 28 Jan 2016, arXiv:1601.07608

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.