Skip to main content

Orang Pagi atau Orang Malam Ditulis Dalam Kitab Genom

Penelitian ~ DNA menentukan apakah Anda orang pagi atau burung hantu. Variasi genetik tertentu mengidentifikasi gaya hidup pagi ataukah malam.

Dataset besar datang membawa peringatan terkait risiko lebih besar depresi, obesitas dan masalah kesehatan lainnya termasuk sifat-sifat yang terkait dengan narkolepsi, tidur REM berkepanjangan dan ritme sirkadian diperpanjang.

Sementara Anda harus tidur awal agar bisa bangun pagi, orang lain tidur larut malam tetap bisa bangun fajar bahwa kebiasaan bangun pagi atau bekerja hingga larut malam telah ditulis dalam kitab genetik.

Bercangkir-cangkir kopi tiada pengaruh karena segudang data genetik milik pelanggan perusahaan jasa sekuen genom 23andMe memilah 15 variasi bait dalam naskah genetik membedakan orang biasa beraktivitas pagi atau malam.

Setidaknya 7 gen terkait dalam regulasi jam tubuh atau irama sirkadian yang sebagian besar didorong oleh paparan cahaya atau paling tidak terkait relay informasi tentang cahaya ke otak.

Sementara pepatah mengatakan kualitas bangun dan tidur adalah penentu kualitas hidup, analisis mesin molekuler sirkadian menemukan lebih dari 1000 sifat berbeda dan perilaku dengan berbagai implikasi.

Para ilmuwan pekan ini melaporkan analisis statistik asosiasi genom yang membandingkan genom 90.000 individu dengan respon terhadap kuesioner apakah responden mendefinisikan diri sebagai manusia pagi atau manusia malam.

"Dengan informasi yang kami miliki, kami mengungkap genetika di balik berbagai kondisi dan mudah-mudahan pemahaman lebih baik perbedaan satu sama lain," kata David Hinds, peneliti senior di 23andMe.

23andme adalah startup berbasis di Mountain View, California, yang didanai Google dan baru-baru ini membuat kesepakatan dengan perusahaan farmasi untuk mengembangkan obat dengan target ritme sirkadian tubuh.

Suatu hari nanti manajer HRD memutuskan penerimaan pegawai berdasarkan transkip sekuen genom pelamar atau jika Anda mau menikah dan ingin pasangan yang tepat ada baiknya menjadi pelanggan 23andMe.

Konsumen adalah individu atau perusahaan yang mengirim air liur dalam botol sebagai materi analisis yang menghasilkan informasi garis keturunan, risiko kesehatan, ciri-ciri perilaku dan informasi genetik lainnya.

Sebagian besar orang pagi adalah perempuan dan berumur di atas 60 tahun yang pada umumnya membutuhkan lebih dari 8 jam tidur setiap malam dan jarang mengidap insomnia dan depresi.

Orang pagi juga cenderung memiliki BMI lebih rendah bahkan setelah dimoderasi umur dan jenis kelamin. Seorang ayah pagi kemungkinan 2,4 kali memiliki putri pagi. Anehnya, orang pagi lebih cenderung memiliki pasangan orang malam.

"Jika Anda menggabungkan informasi dari semua varian dan memberi skor bagaimana kemungkinan menjadi orang pagi atau malam lalu dibandingkan, ada perbedaan 2 kali lipat dalam probabilitas," kata Hinds.

Studi menunjukkan ritme sirkadian pribadi adalah fungsi biologis bawaan yang memprogram semua proses biologis lainnya yang bisa membantu para ilmuwan memecahkan masalah insomnia, depresi dan obesitas.
GWAS of 89,283 individuals identifies genetic variants associated with self-reporting of being a morning person

Youna Hu et al.

Nature Communications, 02 February 2016, DOI:10.1038/ncomms10448

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.