Skip to main content

Persahabatan Antar Simpanse Berdasarkan Kepercayaan

Penelitian ~ Modifikasi permainan klasik menunjuk kepercayaan adalah kunci menjalin persahabatan, tidak hanya untuk manusia, tetapi untuk simpanse (Pan troglodytes) juga.

Identifikasi dan perekrutan teman yang dapat dipercaya merupakan tantangan adaptif penting setiap spesies yang sangat bergantung pada kerjasama berdasarkan ikatan emosional dekat bahkan dalam konteks kecurangan.

Sementara para filsuf mengatakan jantung persahabatan manusia adalah kepercayaan, sekarang simpanse mendefinisikan bahwa tali persahabatan antar simpanse juga sama dan toleransi lebih rendah jika bukan sahabat.

Eksperimen rumit simpanse mengungkap berbagi camilan lezat tidak selalu dilakukan kepada pendatang baru atau kenalan belaka bahwa persahabatan sesama manusia tidak mewakili sebuah anomali dalam kerajaan hewan.

Jika Anda hanya berbagi rahasia penting kepada sahabat, simpanse menunjukkan pola sebanding dan selektif yang menunjuk karakteristik persahabatan memiliki sejarah evolusi panjang meluas ke dalam ikatan sosial primata.

Simpanse membentuk ikatan kuat yang banyak terlihat seperti persahabatan manusia, tetapi apakah kepercayaan telah memainkan peran dalam hubungan yang khusus menjadi pertanyaan lanjutan.

Empat asisten peneliti dikirim ke Sweetwaters Chimpanzee Sanctuary di Kenya dan menghabiskan 5 bulan pengamatan awal sekelompok 15 simpanse di mana menghabiskan waktu dandan, saling menyentuh dan makan bersama.

Kemudian sebuah permainan dirancang untuk mengukur kepercayaan, dua simpanse berdiri di sisi berlawanan sebuah alat yang mengelar kotak makanan. Salah satu kotak berisi 2 pisang, kotak lainnya 3 buah pisang dan 3 buah apel.

Setiap simpanse memiliki pilihan entah mengambil camilan untuk dirinya sendiri atau mengirim makanan yang lebih baik kepada lainnya. Jika ia memilih untuk bermurah hati, ucapan terima kasih datang camilan yang mewah.

"Simpanse lebih percaya teman-teman mereka dibanding bukan teman," kata Jan Engelmann, antropolog Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology di Leipzig.

"Kami memberi bukti evolusi bentuk kuat kepercayaan terhadap mitra sosial dekat yang memungkinkan menjalin hubungan kerjasama," kata Engelmann.
Chimpanzees Trust Their Friends

Jan M. Engelmann and Esther Herrmann

Current Biology, January 14, 2016, DOI:10.1016/j.cub.2015.11.037

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.