Skip to main content

Teleskop Cahaya 20cm Menonton Lubang Hitam V404 Cygni

Penelitian ~ Cahaya tampak dari lubang hitam V404 Cygni terdeteksi untuk pertama kalinya hanya membutuhkan lensa teleskop cahaya 20cm sederhana.

V404 Cygni duduk 8.000 tahun cahaya dari Bumi menampakkan diri kepada teleskop amatir yang mampu menangkap ledakan keras dari lubang hitam paling dekat Bumi.

Lubang hitam di konstelasi Angsa menyampaikan kilatan terlihat melalui teleskop optik sederhana ketika materi dari ruang sekitarnya jatuh ke dalam dan meludah semburan kekerasan energi.

Apa pun yang jatuh ke lubang hitam tidak dapat melarikan diri bahkan cahaya. Lubang hitam merobek bintang seperti tisu lusuh dan gesekan disk akresi memanas hingga 10 juta derajat Celsius menghasilkan cahaya luar biasa cerah.

Pertama kali peristiwa kosmik munculnya kontradiksi ketika gravitasi lubang hitam menarik materi dari bintang di dekatnya menghasilkan cahaya yang dapat dilihat dari lensa teleskop 20cm.

Kilatan cahaya tetap aktif selama kurun 2 minggu dan setiap kedipan cahaya berlangsung 100 detik hingga 150 menit berada dalam jangkauan teleskop para astronom amatir.

Para ilmuwan Jepang menyaksikan gelombang cahaya datang dari V404 Cygni yaitu sebuah lubang hitam aktif dalam konstelasi Cygnus yang terbangun dari tidur panjang 26 tahun pada bulan Juni 2015.

"Kami menemukan aktivitas di sekitar lubang hitam dapat diamati dalam cahaya optik pada luminositas rendah untuk pertama kalinya," kata Mariko Kimura, astronom Kyoto University.

"Sekarang kita dapat melakukan pengamatan berdasarkan sinar optik, dengan kata lain lubang hitam dapat diamati tanpa spec tinggi X-ray atau teleskop gamma," kata Kimura.

Objek gravitasi biner V404 Cygni salah satu lubang hitam paling dekat dengan Bumi memiliki pendamping sebuah bintang lebih kecil dari Matahari yang mengorbit sama lain setiap 6 hari.

Lubang hitam dengan bintang-bintang terdekat rutin meledak setiap beberapa dekade. Dalam kasus V404 Cygni, tarikan gravitasi kepada bintang mitra begitu kuat dan melucuti materi dari permukaan.

Benda-benda kosmik yang terhisap berputar ke dalam lubang hitam melepaskan ledakan radiasi. Sampai hari ini ledakan serupa hanya bisa diamati sebagai kilatan intens sinar-X dan sinar gamma.

Pada tanggal 15 Juni 2015 pukul 18.31 GMT detektor sinar gamma wahana NASA Swift mengambil tanda-tanda pertama kekerasan V404 Cygni. Para ilmuwan Jepang menindaklanjuti dengan teleskop optik menuju lubang hitam.

Ketika materi jatuh ke dalam lubang hitam dan memanaskan material segera menghasilkan sinar-X dan melepaskan kedipan cahaya, meskipun terselubung gas dan debu antarbintang.

V404 Cygni menjadi salah satu objek paling jauh di Bima Sakti yang terlihat di langit gelap dengan mata telanjang pada bulan Juni 2015 karena tidak terselubung gas dan debu.

Fluktuasi variabel cahaya secara dramatis menghasilkan wawasan mengenai cara rumit materi berputar-putar ke dalam lubang hitam dan mengizinkan penelitian masa depan untuk lebih memahami peristiwa-peristiwa ekstrim.
Repetitive patterns in rapid optical variations in the nearby black-hole binary V404 Cygni

Mariko Kimura et al.

Nature, 06 January 2016, DOI:10.1038/nature16452

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.