Skip to main content

Sticker Silikon Elastis di Kulit Memonitor Detak Jantung

Penelitian ~ Perangkat baru memantau masalah jantung. Perangkat trendy tipis dan melar yang menempel pada kulit seperti tatto untuk memantau detak jantung.

Sticker silikon melar memonitor detak jantung semudah menempel tato temporer. Desain lay out wearable yang merenggang memonitor dan memory dapat menyimpan data denyut jantung.

Nanopartikel emas dan sirkuit silikon elastis untuk daya sensor electrocardiogram mungil kecil dikemas ultratipis menempel pada kulit cukup fleksibel menahan peregangan dan ketegangan gerakan tubuh manusia.

Perangkat diberikan kepada pasien yang perlu pemantauan terus-menerus denyut jantung seperti mereka yang menderita aritmia atau memiliki risiko lebih besar terkena serangan jantung.

Selain itu juga berguna bagi orang-orang yang memiliki peningkatan risiko gangguan kardiovaskular karena data seberapa cepat jantung kembali ke tingkat normal setelah terjepit merupakan indikator penting kesehatan.

Para peneliti di Korea Selatan pekan lalu melaporkan rencana membuat perangkat segera tersedia di pasar, meskipun mungkin memakan waktu beberapa tahun untuk merealisasikan manufaktur.

Tapi dalam waktu dekat, teknologi perangkat baru dapat langsung digunakan untuk memodifikasi atau memperbaiki berbagai perangkat monitor kesehatan yang sudah ada.

Beberapa tahun terakhir para ilmuwan telah mengembangkan gelang yang dapat memonitor detak jantung tetapi sering kaku dan tidak nyaman, selain juga tidak melekat di kulit cukup erat yang menggurangi akurasi.

Sebaliknya, perangkat baru sangat tipis dan elastis karena menempel pada kulit lebih dekat yang memungkinkan menghitung denyut dengan akurasi lebih tinggi dan menyimpan data yang diperoleh selama periode waktu tertentu.

Membran silikon elastis berisi nanopartikel emas dikemas erat meningkatkan kapasitas untuk penyimpanan memori jangka panjang, sensor elektrokardiogram dan amplifier memantau dalam kontak dekat dengan kulit.

Sepotong material transparan dan elastis dengan substrat karet silikon tipis melekat di kulit selama beberapa hari, tetapi modifikasi kelengketan dan ketebalan material bisa digunakan kembali beberapa kali selama satu minggu.
A wearable multiplexed silicon nonvolatile memory array using nanocrystal charge confinement

Jaemin Kim et al.

Science Advances, 01 Jan 2016, DOI:10.1126/sciadv.1501101

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.