Skip to main content

Kecukupan Oksigen Bukan Pendorong Munculnya Hewan

Penelitian ~ Kecukupan oksigen jauh sebelum hewan berkembang. Evolusi hewan membutuhkan waktu sangat panjang meskipun konsentrasi oksigen sudah cukup.

Bumi memiliki kecukupan oksigen untuk kehidupan hewan terjadi sebelum 1,4 miliar tahun lalu, tapi harapan evolusi pernafasan pertama kali muncul 800 juta tahun setelah kalender berlalu.

Meskipun persyaratan oksigen telah lama terpenuhi, panggung kerajaan hewan terlambat berdiri dalam sejarah Bumi karena respirasi hewan besar baru menghela nafas sekitar 600 juta tahun lalu.

Sebelum 2,3 miliar tahun lalu oksigen di atmosfer kurang dari 0,001 persen tingkat atmosfer hari ini. Kemudian sekitar 550 juta tahun lalu tingkat oksigen meningkat menjadi lebih dari 20 persen.

Tapi apa yang terjadi selama Neoproterozoic Eon yaitu 1 miliar hingga 542 juta tahun lalu adalah misteri. Kadar oksigen yang diperlukan untuk respirasi spons dan cacing di laut hanya 1 persen tingkat saat ini.

Para ilmuwan menganalisis sampel sedimen dari Formasi Xiamaling di China bahwa laut dalam selama 1,4 miliar tahun lalu setidaknya mengandung 4 persen konsentrasi oksigen modern.

"Tapi kecukupan oksigen tampaknya tidak cukup bagi peningkatan hewan," kata Emma Hammarlund, biolog University of Southern Denmark.

Sangat sulit secara tepat menentukan konsentrasi oksigen di masa lalu. Hammarlund dan rekan menggabungkan beberapa pendekatan untuk merintis metode baru dalam memahami oksigen kuno.

Distribusi jejak logam menunjuk perairan di mana pembentukan sedimen mengendapkan kandungan oksigen. Formasi Xiamaling tersimpan di zona kuno oksigen minimum mirip situs lepas pantai Chili dan Peru hari ini.

"Kolom air memiliki konsentrasi oksigen minimal 4 persn dari tingkat atmosfer saat ini. Ini harus cukup untuk eksistensi evolusi hewan," kata Don Canfield biolog University of Southern Denmark.

Peningkatan udara tidak segera memompa hewan pertama. Kenaikan konsentrasi oksigen kurang terkait dengan revolusi hewan bahwa diversifikasi tiba-tiba mungkin hasil dari banyak faktor.
Sufficient oxygen for animal respiration 1,400 million years ago

Shuichang Zhang et al.

Proceedings of the National Academy of Sciences, January 4, 2016, DOI:10.1073/pnas.1523449113

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.