Skip to main content

Atmosfer Berawan Hot Jupiter Sembunyikan Sinyal Air

Penelitian ~ Salah satu misteri planet ekstrasurya terpecahkan bahwa air di planet Hot Jupiter tidak hilang, tapi hanya bersembunyi di bawah awan atmosfer.

Dimanakah air adalah pertanyaan bernilai miliaran dolar karena tanda tangan air tertutup atmosfer sangat berawan. Sementara Hot Jupiter memiliki atmosfer sangat eksotis, data atmosfer blur meredupkan sinyal kimia air.

Awan mungkin menyembunyikan air di dunia alien, tetapi beberapa fakta keras seperti isi atmosfer tetap dalam karung. Apakah langit cerah Tatooine Star Wars sesekali mendung mengelisahkan seperti langit berawan di Bumi.

Sementara gas raksasa mungkin relatif mudah dikenali karena ukurannya, komposisi interior tetap sebagian besar diselimuti misteri. Anda bahkan tidak tahu semua tentang cahaya spektral Jupiter kita sendiri.

Para astronom mengkonfirmasi air yang penting bagi kehidupan juga menjadi material utama pembentukan planet yang memecahkan misteri lama mengapa exoplanet Hot Jupiter memiliki lebih banyak air di atmosfer dibanding yang lain.

"Kami menemukan air menonjol di dalam semua planet-planet ini bahwa air membuat banyak elemen lebih berat yang masuk ke dalam pembentukan planet," kata Jonathan Fortney, planetolog University of California Santa Cruz.

"Alternatif lain planet-planet terbentuk dalam lingkungan yang kehilangan air, tapi ini mengharuskan kita memikirkan kembali teori-teori bagaimana planet lahir," kata Fortney.


Hot Jupiter adalah planet gas raksasa. Hampir 2.000 exoplanet telah ditemukan, tapi orbit ketat di sekitar bintang menyulitkan pengamatan para astronom karena dunia silau oleh terang bintang host.

Fortney dan rekan menggunakan NASA-ESA Hubble Space Telescope dan NASA Spitzer Infrared Space Telescope untuk mengukur rincian atmosfer 10 Hot Jupiter yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Ketika setup mode transit bekerja, sejumlah kecil cahaya bintang host diblokir sebagaimana planet melintas dalam orbit tepat di depan bintang dan cahayanya menembus atmosfer planet untuk menentukan komposisi kimia.

10 planet WASP-6b, WASP-12b, WASP-17b, WASP-19b, WASP-31b, WASP-39b, HAT-P-1b, HAT-P-12b, HD 189733b dan HD 209458b mengetuk satu-satu elemen kimia air melimpah di alam semesta.

"Kami harus menggunakan berbagai panjang gelombang yang benar-benar luas dari cahaya tampak dengan kisaran panjang gelombang inframerah untuk menunjukkan planet benar-benar memiliki banyak air," kata Fortney.
A continuum from clear to cloudy hot-Jupiter exoplanets without primordial water depletion

David K. Sing et al.

Nature, 14 December 2015, DOI:10.1038/nature16068

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.