Skip to main content

Jebakan Matematika Tanaman Karnivora Dionaea muscipula

Penelitian ~ Jebakan Venus dapat menghitung untuk menghindari alarm palsu. Tanaman karnivora Dionaea muscipula mengatur perilaku makan berdasarkan rangsangan.

Daun Venus D. muscipula mengatur jam makan berdasarkan berapa kali pemicu rangsangan memukul rambut bahwa keterampilan matematika menghemat energi dan menghindari alarm palsu.

Ketika serangga mengembara ke salah satu tanaman karnivora, setiap kesalahan dihitung dan diubah menjadi sinyal kimia sebelum keluar rumus bagaimana cara mencernanya semudah hitungan satu, dua, tiga, empat dan lima.

Aritmatika mengukur jatah persediaan makanan semalam dengan menghitung sinyal eksternal secara real time, merekam berapa kali disentuh dan menerjemahkan informasi menjadi formula kimia.

Para ilmuwan mengetahui Venus penangkap lalat dengan menyesuaikan perilaku makan yang sesuai jumlah perkalian pemicu rambut sensitif pada daun khusus menyerupai perangkap.

"Jumlah potensial aksi menginformasikan ukuran dan mangsa. Hal ini memungkinkan Venus menyeimbangkan biaya dan manfaat," kata Rainer Hedrich, biofisikawan University of Würzburg di Jerman.

Para peneliti menipu tanaman seperti pemikiran serangga mendarat di atasnya dengan menerapkan peningkatan jumlah sentuhan buatan pada rambut perangkapnya.



Satu sentuhan perdana merangsang pengaturan untuk mode siap, tapi tanpa gertakan menutup. Sentuhan kedua adalah melakukan tindakan perangkap menutup gerak mangsa.

Sentuhan selanjutnya merangsang tanaman menyiapkan dapur sehingga setelah sentuhan ke-5 mulai memproduksi enzim pencernaan dan molekul yang mengambil nutrisi.

"Jika Anda tidak panik, perangkap tetap terbuka. Tapi setelah terjebak Anda pasti panik untuk melarikan diri. Setiap Anda berjuang, rambut menyiapkan proses selanjutnya," Hedrich.
The Venus Flytrap Dionaea muscipula Counts Prey-Induced Action Potentials to Induce Sodium Uptake

Jennifer Böhm et al.

Current Biology, January 21, 2016, DOI:10.1016/j.cub.2015.11.057

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.