Skip to main content

Awan Smith Diusir Bima Sakti Sebelum Datang Kembali

Penelitian ~ Awan gas besar meluncur ke galaksi Bima Sakti memasok 2 juta Matahari baru. Berarak dari tepi galaksi 70 juta tahun lalu, Awan Smith sedang dalam perjalanan kembali.

Awan gas raksasa meluncur kembali dan meludah 2 juta bintang baru ketika menabrak galaksi Bima Sakti. Komposisi kimia formasi besar gas mendekati tepi Bima Sakti dengan kecepatan 310 kilometer per detik.

Objek WV 360 dan HVC 040-15 pada tahun 1963 memukul teleskop radio astronom Belanda Gail Bieger duduk 40.400 tahun cahaya dari Bumi yang diduga galaksi kerdil atau gas intergalaksi adalah tiri Bima Sakti sendiri.

Membentang panjang 11.000 tahun cahaya dan lebar 2.500 tahun cahaya setara span langit dengan diameter 30 kali ukuran bulan purnama diusir dari Bima Sakti 70 juta tahun lalu.

Para astronom menggunakan Hubble Cosmic Origins Spectrograph pekan lalu melaporkan jejak samar komposisi kimia asal-usul misterius Awan Smith sama dengan komposisi kimia Matahari.

"Dengan mengukur sulfur, Anda dapat tahu bagaimana atom belerang awan dibandingkan dengan Matahari," kata Andrew Fox, astronom Space Telescope Science Institute.


Lintasan balistik melempar kembali ke dalam disk Bima Sakti dalam waktu 27 juta tahun kemudian dan memicu ledakan spektakuler yang memasok gas pembntukan bintang baru.

Awan menyerap beberapa cahaya dalam rentang panjang gelombang yang sangat kecil dan pengukuran dip di balik awan memungkinkan para ilmuwan membuat catatan susunan kimia.

Sementara awan intergalaksi adalah hidrogen murni, Awan Smith memiliki hubungan intim dengan Bima Sakti. Tapi entah bagaimana dikeluarkan dari disk luar 70 juta tahun lalu dan sekarang bumerang sedang dalam perjalanan kembali.
On the Metallicity and Origin of the Smith High-Velocity Cloud

Andrew J. Fox, Nicolas Lehner, Felix J. Lockman, Bart P. Wakker, Alex S. Hill, Fabian Heitsch, David V. Stark, Kathleen A. Barger, Kenneth R. Sembach, Mubdi Rahman

arXiv, Submitted on 15 Dec 2015, arXiv:1512.04957

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.