Skip to main content

Empat Gen Baru Terkait Umur Panjang Ekstrim

Penelitian ~ Paling tidak empat gen baru ditemukan membantu centenarian hidup sangat panjang. Jika membawa varian pelindung 4 gen, Anda didorong hidup hingga 100 tahun.

Di dalam genom centenarian, 4 varian gen baru bergabung dengan satu gen sebelumnya yaitu APOE yang terkait risiko Alzheimer sebagai bit genom paling jelas memperpanjang waktu.

Banyak orang membatasi diri dengan diet ketat rendah kolesterol dan rajin berolahraga tapi mati muda, sementara banyak orang lainnya melahap makanan apa pun hidup langgeng sampai menimang cucu hingga cicit.

Empat gen baru adalah ABO terkait penentuan golongan darah, CDKN2B terkait siklus hidup sel, SH2B3 terbukti memperpanjang umur lalat buah dan HLA terlibat sistem kekebalan tubuh mengenali sel-sel tubuh sendiri.

Tetapi gen tunggal APOE absen di dalam genom centenarian atau orang-orang yang sudah seratus tahun atau lebih. Seseorang dengan gen APOE semakin tinggi risiko mengembangkan Alzheimer.

Centenarian membawa latar belakang genetik berbeda dari populasi normal. Jika mekanisme genetik penangkis predisposisi termasuk arteri koroner, Alzheimer, kolesterol tinggi dan ginjal kronis, Anda memiliki uang muka umur panjang ekstrim.

Para ilmuwan melaporkan petunjuk menggoda untuk mengungkap misteri lama mengapa seseorang awet hingga sangat tua dan membantu menemukan cara untuk mencegah penyakit yang berkaitan dengan usia.

"Saya termotivasi karena benar-benar tidak mengerti mengapa jam memberi umur hingga 80 tahun," kata Stuart Kim, biolog Stanford University.

Studi kembar identik menunjuk make-up genetik memiliki pengaruh signifikan terhadap umur seperti hal yang umum untuk saudara kandung dari keluarga yang sama hidup dengan umur sangat panjang.

"Pendapat persuasif bahwa sekitar 20 persen dari umur dipegang oleh kuasa genetik," kata Kim.

Tapi gen yang bertanggung jawab telah lama membingungkan para ilmuwan dan membuat garuk-garuk kepala. Beberapa peneliti mencari variasi yang lebih umum, tapi hanya APOE yang konsisten selalu muncul.

Para ilmuwan berharap supercentenarian mungkin berbagi varian langka lain yang menjelaskan kegigihan hidup tapi tidak ada yang muncul. Kim dan rekan memperluas pencarian dengan menambah sampel dan mempersempit varian gen.

Satu ide adalah membuka lembar jalan menuju mekanisme umum yang terkait dengan penuaan. Empat gen baru plus APOE masing-masing memiliki varian mengurangi atau meningkatkan peluang seseorang mencapai 100 tahun.
Genome-Wide Scan Informed by Age-Related Disease Identifies Loci for Exceptional Human Longevity

Kristen Fortney et al.

PLoS Genetics, December 17, 2015, DOI:10.1371/journal.pgen.1005728

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.