Skip to main content

Exoplanet Wolf 1061c Dalam Zona Layak Kehidupan

Penelitian ~ Bumi super berpotensi dihuni hanya sejauh 14 tahun cahaya. Tiga planet ekstrasurya mengorbit bintang Wolf 1061 salah satunya di zona layak huni.

Hanya 14 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Ophiuchus sebuah bintang katai merah Wolf 1061 mengasuh 3 planet dengan berat tertimbang antara 1,3 dan 5,2 kali Bumi duduk dalam zona Goldilocks bahkan mungkin ada kehidupan.

Sebuah sistem tua berpusat katai merah Tipe M yang tenang dan massa seperempat Matahari dengan suhu permukaan 3.100 derajat Celcius atau lebih dari setengah Matahari menguntai pendudukan alien.

Meskipun belum ada deteksi penjabaran semua hal, sebuah dunia memberikan jendela sebagian kecil pantai tropis dengan nyiur melambai di pinggir daratan hutan hujan beserta ikan koi berenang di danau biru.

Para ilmuwan melihat sebuah planet paling dekat dan mirip Bumi yang berpotensi dihuni manusia dari dunia manapun yang pernah ditemukan. Peraduan di wilayah sempurna yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.


"Kami menemukan sinyal Doppler kuat dalam data untuk Wolf 1061 yang menunjuk 3 planet. Semua memiliki massa cukup rendah bahwa mungkin dunia berbatu," kata Duncan Wright, astronom University of New South Wales.

Sementara planet besar dingin Wolf 1061d jatuh di luar batas zona layak huni dan planet kecil panas Wolf 1061b terlalu dekat dengan bintang host, Wolf 1061c duduk dalam zona yang dimungkinkan berisi air cair.

Planet dalam bermassa 1,4 kali Bumi dan mengorbit bintang setiap 5 hari, planet tengah sekitar 4,3 kali Bumi dan orbit 18 hari serta planet luar bermassa 5,2 kali Bumi dengan orbit 67 hari.

Dunia layak huni sebelumnya adalah Gliese 667Cc terletak 22 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Scorpius. Wright dan rekan membuat penemuan menggunakan data spektrograf HARPS di dalam teleskop 3,6m ESO di La Silla, Chile.



Planet terestrial kecil melimpah di Bima Sakti, tapi kebanyakan sejauh ratusan hingga ribuan tahun cahaya. Jarak pandang dekat Wolf 1061 berarti kesempatan baik penyelidikan atmosfer untuk melihat apakah dunia kondusif kehidupan.

"Ada 100 miliar bintang di Bima Sakti, setidaknya setengah kerdil merah dan kita tahu Kepler menemukan beberapa sistem planet berbatu. Kita berbicara miliaran planet secara harfiah," kata Wright.

"Hal ini menarik untuk melihat keluar luas ruang dan berpikir bintang tetangga dekat menjadi tuan rumah planet layak huni," kata Wright.
Three planets orbiting Wolf 1061

D.J. Wright, R.A. Wittenmyer, C.G. Tinney, J.S. Bentley, Jinglin Zhao

arXiv, 16 Dec 2015, arXiv:1512.05154

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.