Skip to main content

Etsa Batu Seni Sekuler di Desa Paleolitik Molí del Salt

Penelitian ~ Penggambaran tertua di dunia membangun perkemahan di luar gua dan menoreh seni. Lukisan batu peristirahatan Molí del Salt di timur laut Spanyol dengan paleo art.

Gubuk primitif pemburu-pengumpul sekitar 13.800 tahun lalu menunjuk orang-orang kuno bermukim di tempat tinggal serupa dengan pemburu-pengumpul modern dan gaya hidup yang sulit dipahami.

Sekitar 15.000 sampai 9.000 tahun lalu orang-orang nomaden kuno terus kembali ke penampungan Molí del Salt secara berkala dengan kehidupan desa sambil mengukir etsa pada lempengan batu.

Para ilmuwan melaporkan lukisan batu berdating 13.800 tahun dengan pengambaran adegan sehari-hari di tempat perkemahan mendahului gambar tertua sebelumya dari pedesaan manusia 5000-6000 tahun lalu.

"Untuk pertama kalinya kemampuan pemburu-pengumpul paleolitik akhir representasi masyarakat modern," kata Marcos García Diez, arkeolog University of the Basque Country di Vitoria, Spanyol.

Dunia artistik seni sekuler selama Paleolitik karena tanpa makna spiritual atau agama. Singularitas adalah ekspresi dari perasaan individu seseorang yang berangkat dari konvensi Zaman Batu.

Meskipun etsa gua dari periode yang lebih tua setidaknya 40.000 tahun dengan tema binatang atau orang berburu dan abstrak, temuan baru adalah seni dengan tema sehari-hari di tempat tinggal.

"Situs ini sepenuhnya dalam siklus tahunan masyarakat nomaden," kata Manuel Vaquero, sejarahwan seni Catalan Institute of Human Paleoecology and Social Evolution di Tarragona, Spanyol.


"Kelompok manusia Paleolitik memproduksi instrumen berburu dan bekerja pada kulit, memotong-motong hewan untuk konsumsi daging, makanan dimasak dan tidur di ruang ini," kata Vaquero.

Dimensi kubah terukir biasa ditemukan dalam gubuk berbentuk setengah lingkaran yang sering digunakan masyarakat pemburu-pengumpul modern seperti banyak dibangun suku asli Amerika.

Meskipun penduduk manusia hidup di situs, para ilmuwan belum tahu persis bagaimana membangun desa paleo karena representasi lain tempat tinggal manusia belum ditemukan dari waktu ini.

Pemukiman kuno di Eropa menyarankan pemburu-pengumpul menggunakan bingkai kayu dan floorplan oval karena puing-puing situs pemukiman Ohalo II dating 19.400 tahun di Israel memiliki dinding dari tanaman.

Jika asumsi 4 atau 5 orang tinggal di sebuah pondok sebagaimana dilakukan orang-orang modern, setiap desa pemburu-pengumpul setidaknya perpenghuni 28 hingga 35 orang.
Looking at the Camp: Paleolithic Depiction of a Hunter-Gatherer Campsite

Marcos García-Diez and Manuel Vaquero

PLoS ONE, December 2, 2015, DOI:10.1371/journal.pone.0143002

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.