Skip to main content

Ledakan Ganda Radio Cepat Memukul Teleskop Parkes

Penelitian ~ Sinyal ekstragalaktik yang lebih misterius terdeteksi. Ledakan cepat radio kembar tidak pernah terlihat sebelumnya harus mempersempit pencarian sumber.

Tepat pada waktunya astronom tersangkut kontrak dua dalam satu ledakan misterius gelombang radio dari galaksi lain. Sebuah ledakan ganda yang belum pernah terjadi sebelumnya muncul bersama dengan 4 kedipan.

Semburan radio cepat atau fast radio bursts (FRBs) pertama kali terdeteksi pada tahun 2007 adalah ledakan terang energi radio yang berlangsung hanya beberapa milidetik dan tidak pernah terlihat lagi.

Sampai hari ini para astronom menerima 9 kemunculan berasal dari luar Bima Sakti. Tapi tindak lanjut menggunakan teleskop nonradio untuk apa pun yang mungkin terjadi datang dengan tangan kosong.

Lima ledakan baru terdeteksi teleskop radio Parkes di Australia mengikuti pola sama seperti semua semburan yang terdeteksi sebelumnya dengan satu pengecualian yaitu berkelebat 2 kali.

David Champion, astrofisikawan Max Planck Institute for Radio Astronomy di Bonn, dan rekan mengatakan ledakan kembar terpisah hanya 2,4 milidetik yang mungkin datang dari jarak 9 miliar tahun di konstelasi Octans.

"Lima FRBs ditemukan dalam survei lintang tinggi adalah 6+4-3×103(95%) FRBs langit-1 hari-1 di atas fluence antara 0,13 dan 5,9 Jy ms untuk FRBs antara 0,128 dan 262 ms dalam durasi," kata Champion dan rekan.

Sebuah flash ganda datang dengan beberapa teori tentang apa yang menyebabkan semburan radio cepat seperti 2 bintang neutron dengan core padat mayat bintang-bintang besar bertabrakan bersamaan.

Ledakan kuat langka dari pulsar mungkin sesuai dengan tagihan seperti hyperflares serampangan sinar gamma dan sinar-X yang dikenal sebagai soft gamma repeaters yang dipicu goncangan magnetik.

FRBs memukul piring radio raksasa Arecibo di Puerto Rico dan konfirmasi bahwa sinyal memang nyata, tapi tidak ada penjelasan lebih untuk mendapatkan jawaban definitif.
Five new Fast Radio Bursts from the HTRU high latitude survey: first evidence for two-component bursts

D. J. Champion et al.

arXiv, Submitted on 24 Nov 2015, arXiv:1511.07746

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.