Skip to main content

Kelelawar Mendarat Menggunakan Mekanika Inersia

Penelitian ~ Kelelawar membalik untuk mendarat terbalik. Kelelaar Carollia perspicillata mendarat menggunakan mekanika inersia dan meninggalkan aerodinamika.

Kelelawar bertengger menggantungkan kaki terbalik yang berarti harus mendarat terbalik juga di langit-langit gua dan untuk itu mereka menggunakan mekanika yang sama seperti pemain skateboard.

Video berkecepatan tinggi mengetahui kelelawar menggunakan inersia daripada aliran udara di sayap untuk mengeksekusi flip yang diperluka dan ketika meleset mereka menggunakan gerakan sama untuk memulihkan.

Penerbangan adalah rumit untuk kelelawar dari makhluk bersayap lainnya. Siapa pun yang pernah makan sayap ayam tahu bahwa tulang sedikit rongga dan sendi. Tapi sayap mamalia kelelawar memiliki tulang berat dengan banyak sendi.

"Kita sudah berpikir tentang bagaimana kelelawar selama 7 atau 8 tahun lalu. Sayap Kelelawar seperti tangan kita dengan banyak kulit di antara jari," Sharon Swartz, biolog Brown University.

Kulit super lembut merepotkan juga. Sayap sangat elastis yang berarti hukum aerodinamika unik jika dibandingkan sayap serangga dan burung. Tapi ketika mendarat terbalik mereka meninggalkan aerodinamis sama sekali.



"Semua sudut sendi dan postur sayap melakukan manuver dalam 2 detik. Mereka memindahkan sayap dengan sangat khas untuk memanipulasi massa dan momen inersia," kata Kenneth Breuer, mekanikawan Brown University.

Pendekatan lokasi pendaratan dengan memperlambat, membawa postur vertikal dan menggunakan sayap secara asimetris. Sayap kiri memutar dan kemudian ke depan sehingga tubuh berputar.

Kaki membentang keluar dan meraih poin pegangan. Semua terjadi dalam setengah detik. Kelelawar menarik lengan pada saat-saat berbeda untuk mempercepat atau memperlambat kecepatan rotasi.

"Tidak pernah terjadi bahwa aerodinamika memainkan peran dalam pendaratan. Inersia memainkan peran penting dalam dinamika penerbangan, tapi kurangnya peran aerodinamika masih cukup mencengangkan," kata Swartz.
Falling with Style: Bats Perform Complex Aerial Rotations by Adjusting Wing Inertia

Attila J. Bergou et al.

PLoS Biology, November 16, 2015, DOI:10.1371/journal.pbio.1002297

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.