Skip to main content

Bintang Tertua Duduk Di Pusat Galaksi Bima Sakti

Penelitian ~ Bintang purba berputar-putar di pusat Bima Sakti. Dating bintang generasi kedua di galaksi Bima Sakti 13,6 miliar tahun atau hanya 200 juta tahun pasca Big Bang.

Setidaknya beberapa bintang terbentuk tidak lama setelah alam semesta dimulai beredar di sekitar pusat Bima Sakti. Bintang-bintang murni dekat jantung galaksi memberi relik ketika waktu dimulai.

Para ilmuwan memasang kalender 2 bintang bernama SMSS J181609.62-333218.7 dan SMSS J031300.36-670839.3 lahir 13,6 miliar tahun lalu atau hanya 200 juta tahun setelah peristiwa Big Bang.

Elemen kimia membanggakan bintang-bintang rendah logam membawa kunci teka-teki di tahun-tahun awal segala peristiwa di alam semesta seperti mesin waktu menenggok kembali alam semesta berevolusi.

Tanda tangan kimia terjantum pada bintang menceritakan banyak kisah sebuah zaman yang mungkin sangat berbeda sejak awal, tapi untuk mengetahui seperti jarum dalam tumpukan jerami.

"Kami tidak berpikir ada begitu banyak. Di pusat galaksi penuh sesak gas, menemukan bintang sangat tua tidak mudah," kata Andrew Casey, astrofisikawan University of Cambridge.

Setelah Big Bang, alam semesta hanya terdiri dari hidrogen dan helium. Bintang-bintang generasi kedua hampir eksklusif helium dan hidrogen dimana kandungan karbon, oksigen dan elemen berat sangat sedikit.

Bintang generasi pertama bagaimana pun belum pernah terlihat, tapi astronom berharap dapat mengintip ketika James Webb Space Telescope (JWST) mulai beroperasi pada tahun 2018.

Casey dan tim menggunakan SkyMapper Telescope di Australian National University memeta 14.000 kandidat potensial rendah logam. Kemudian Anglo-Australian Telescope menyortir 500 darinya memiliki sedikit zat besi.



Akhirnya konfirmasi final menggunakan pengawasan resolusi tinggi Magellan Clay Telescope di Chile yang menghasilakn 23 bintang dengan kelimpahan sangat rendah zat besi.

Pengamatan core galaksi mengungkap rendah logam tanda tangan bintang awal yang mungkin terbentuk dari sisa-sisa ledakan supernova supersized atau hypernova yang lebih kuat dari supernova.

"Hypernova adalah jenis khusus supernova yang menghasilkan 10 kali lebih banyak energi dari supernova biasa," kata Louise Howes, astronom Australian National University.

Ketika bintang-bintang sangat awal meledak dalam hypernova, partikel kaya debu dan gas meluncur dan dikirim ke pusat tonjolan Bima Sakti di mana bintang-bintang generasi kedua berada.

Bintang-bintang generasi terbaru menjadi lebih kaya logam daripada bintang generasi terdahulu dan bintang-bintang yang terletak di pusat tonjolan Bima Sakti sangat miskin logam.

"Bintang-bintang ini terbentuk sebelum Bima Sakti. Galaksi yang terbentuk di sekitar mereka," kata Howes.
Extremely metal-poor stars from the cosmic dawn in the bulge of the Milky Way

L. M. Howes et al.

Nature, 11 November 2015, DOI:10.1038/nature15747

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.