Skip to main content

Asal-Usul Air di Bumi Bukan Dikirim dari Komet

Penelitian ~ Air di Bumi berasal dari dapur sendiri. Analisis lava menyarankan tingkat deuterium dalam mantel membantah komet sebagai sumber H2O.

Molekul terkubur dalam magma murni menunjuk air Bumi bukan paket komet dingin bahwa kelimpahan relatif berbagai hidrogen berat disebut deuterium sebagai sidik jari dari mana reservoir H2O di tata surya berasal.

Proses di atas tanah seperti atom hidrogen dan kadar deuterium dalam air yang terperangkap dalam batuan cair tidak berubah sejak awal planet secara signifikan lebih rendah dibandingkan air laut.

Semakin rendah rasio isotop deuterium untuk air primordial Bumi mengisyaratkan bahwa dunia basah dihasilkan dari butir debu yang hadir merendam air selama tahap konstruksi planet.

Para ilmuwan membatalkan teori populer sebelumnya bahwa proyek pembentukan planet Bumi kemudian komet penuh es mengirim air dalam pemboman kebetulan sekitar 4,5-3,8 miliar tahun lalu.

Asal muasal air Bumi telah lama menjadi misteri karena Matahari muda cukup panas menguapkan setiap es yang hadir ketika debu bersatu membentuk planet. Para ilmuwan berasumsi bayi Bumi pasti terbentuk dari material kering.

"Air datang selama pembentukan Bumi dan telah ada sejak itu, bukan ditambahkan kemudian," kata Lydia Hallis, planetolog University of Glasgow.

Deuterium membentuk ikatan lebih stabil dengan oksigen daripada hidrogen sehingga air diperkaya dengan deuterium adalah tanda bahwa H2O terbentuk di daerah dingin tata surya seperti daerah luar di mana komet berasal.

Fragmen yang diawetkan jauh di dalam mantel sampai batuk oleh letusan gunung berapi yang menyatakan bahwa air salah satu prasyarat utama bagi kehidupan menjadi budaya asli kemungkinan juga terjadi ke planet lain.

"Jika Anda perlu mekanisme eksotis untuk mendapatkan air ke Bumi, hanya berada di zona layak huni tidak berarti Anda memiliki semua material untuk hidup," kata Karen Meech, astronom University of Hawaii di Honolulu.

Sumber molekul primitif tersimpan di dalam mantel Bumi. Gunung berapi memuntahkan batuan cair dari mantel menoreh catatan komposisi asli Bumi. Sebagian besar tidak mengubah tingkat deuterium.

Lava yang terbentuk dengan potongan-potongan kecil kaca terbungkus dalam mineral olivin dan berfungsi sebagai kapsul waktu yang tak gentar melestarikan komposisi asli batuan cair itu.

Kelangkaan ini tidak sesuai dengan kelimpahan deuterium besar ditemukan di komet sarat es. Air Bumi mungkin bukan berasal dari bagian yang lebih hangat dari awal tata surya.

Molekul air bisa terjebak ke dalam butir debu yang mengambang di awan gas yang melahirkan Matahari dan planet-planet. Ketika perakitan planet, debu tergenang air menciptakan planet basah sejak awal.
Evidence for primordial water in Earth’s deep mantle

Lydia J. Hallis et al.

Science, 13 November 2015, DOI:10.1126/science.aac4834

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.