Skip to main content

Kerangka Kompleks Sudah Hadir Selama Ediacaran

Penelitian ~ Semakin hati-hati mengintip kembali waktu, semakin datang kejutan. Fosil baru mengusulkan evolusi tengkorak kompleks lebih awal dari pemikiran.

Novel kehidupan kompleks di Bumi dimulai jauh lebih awal. Tepat di akhir api pertama bab planet 4,1 miliar tahun lalu, kerangka kompleks pertama berevolusi setidaknya sejak 550 juta tahun lalu.

Debut mekanika kerangka keras datang 9 juta tahun sebelum Ledakan Kambrium yaitu periode kehidupan kompleks muncul tiba-tiba dan cepat berkembang mengisi relung Bumi.

Namacalathus hermanastes, sebuah makhluk laut sessile digali di Namibia, dengan fosil kaku terawat baik. Kerangka rumit komposisi material kalsium karbonat banyak membangun hewan laut bercangkang keras.

Dating deposit geologi tertanggal Periode Ediacaran yang mencakup 635-542 juta tahun lalu. Sekitar 575 juta tahun lalu dalam sebuah acara yang dikenal sebagai Ledakan Avalon berbagai bentuk kehidupan biota misterius muncul.

Para ilmuan masih tidak yakin apa jenis kehidupan yang mengisi, tapi berbagai bentuk tanaman, ganggang, tikar mikroba, jamur ataukah bentuk-bentuk kehidupan sangat primitif disebut protista.

"Fosil ini telah lama dikenal dan diasumsikan hewan primitif seperti spons atau karang. Kami menunjukkan bahwa ini lebih maju," kata Rachel Wood, geolog University of Edinburgh.

"Dugaan bahwa hewan-hewan kompleks sudah hadir selama Ediacaran, tapi laporan kami yang memberikan bukti pertama," kata Wood.

Di ujung bab 542 juta tahun lalu secara misterius biota Ediacaran menghilang dari catatan fosil. Mungkin suatu kebetulan bahwa kehidupan terhapus menyongsong fajar Kambrium.

Fosil tulang telah ditemukan sebelum periode itu, tetapi tidak terbukti memiliki kerangka kompleks seperti N. hermanastes. Kerangka benar-benar canggih sepanjang 550-541 juta tahun lalu.

Lapis baja pelindung jaringan lunak organisme kecil dari serangan predator membutuhkan aturan rumit dari grid organik yang membutuhkan proses mineralisasi sebagai cangkang.
Ediacaran skeletal metazoan interpreted as a lophophorate

A. Yu. Zhuravlev, R. A. Wood, A. M. Penny

Proceedings of the Royal Society B, 4 November 2015, DOI:10.1098/rspb.2015.1860

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.