Skip to main content

Seleksi Seksual Membuat Bulu Perempuan Menjemukan

Penelitian ~ Seleksi seksual kuat pada laki-laki meningkatkan pewarnaan bulu, tetapi juga pengurangan semakin parah ornamen perempuan.

Kopling laki-laki lebih glamor lebih berhasil bersaing untuk kawin sehingga evolusi menyebar melalui gen kepada keturunan, sebaliknya wanita tetap menjemukan.

Sementara Anda tidak perlu menyemir sepatu ketika deretan perempuan meminta tanda tangan, seleksi seksual benar-benar memiliki efek yang lebih besar dalam mengurangi warna perempuan.

Buku teks klasik seleksi seksual menulis warna-warna cerah adalah sinyal vitalitas atau sistem kekebalan tubuh kuat. Tapi mengapa beberapa jenis burung lebih berwarna dari yang lain tetap misteri panggung.

Laki-laki dan perempuan memilih penampilan karena sperma lebih murah menghasilkan telur. Sementara wanita lebih glamour dan membungkam alasan evolusioner yang mendasari.

Para ilmuwan pekan ini memberi penjelasan ke ujung kepala. Tekanan seleksi seksual mendorong perempuan mengembangkan bulu lebih kusam daripada warna-warni laki-laki makin cerah.

Dalam spesies monogami, perempuan lebih cenderung berwarna cerah, mungkin karena perlu penampilan mencolok untuk bersaing sumber daya atau membantu interaksi sosial dengan perempuan lain.

Dalam spesies poligini, sebaliknya, laki-laki tidak pilih-pilih sehingga hanya sedikit manfaat bagi perempuan dengan menampilkan warna-warni mahal penuh semangat.

"Perempuan cenderung menjadi jauh lebih menjemukan ketika seleksi seksual di tangan mereka," kata James Dale, evolusionis Massey University di Auckland.

Kesimpulan mengejutkan datang dari data set warna bulu hampir 6.000 burung pekicau untuk melukis bagaimana berbagai faktor evolusi mendorong perubahan warna laki-laki dan perempuan.
The effects of life history and sexual selection on male and female plumage colouration

James Dale et al.

Nature, 04 November 2015, DOI:10.1038/nature15509

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.