Skip to main content

Evolusi Mitokondria Ayam Berjalan Dengan Cepat

Penelitian ~ Tingkat evolusi ayam menantang timing domestikasi dan migrasi manusia. Ayam berkembang lebih cepat dari perkirakan sebelumnya.

Asumsi populer evolusi hanya terlihat dari skala waktu panjang mungkin berubah. Laporan baru menantang teori-teori ketika domestikasi dan mungkin memiliki implikasi dalam migrasi manusia.

Mutasi gen ND4L dan CYTB dalam burung genus Gallus menunjuk bahwa tingkat evolusi dalam silsilah ini sebenarnya 15 kali lebih cepat dari persangkaan umum selama ini.

Sekuensing genom 12 DNA mitokondria yang diwariskan ibu ke anak-anak pada populasi terkenal ayam White Plymouth Rock sejak tahun 1957 menelusuri kembali lebih dari 50 generasi.

Perkiraan tingkat mutasi minimal 4 persen per juta tahun, tapi mungkin sampai 30 persen per juta tahun atau perubahan DNA umum terjadi 1 persen setiap juta tahun pada burung.

"Sebelumnya, perkiraan menempatkan tingkat perubahan dalam genom mitokondria sekitar 2 persen per juta tahun," kata Greger Larson, arkeolog di Oxford University.

"Pada kecepatan ini kita tidak seharusnya mendapat tempat mutasi tunggal hanya dalam 50 tahun, tapi sebenarnya kita melihat 2," kata Larson.

Dua garis keturunan White Plymouth Rock yaitu ayam berukuran kecil dan ayam 10 kali lebih besar berkembang secara terpisah selama 50 tahun. Tingkat mutasi sejak 2 garis keturunan berpisah hingga 30 kali pada dunia burung.

Mitokondria adalah struktur khusus sel-sel hewan, tumbuhan dan jamur yang menghasilkan energi, mensintesis protein dan paket untuk transportasi ke berbagai bagian sel dan seterusnya.

Skema sampling menghasilkan 385 transmisi mitokondria. Tingkat evolusi dihitung dari jumlah mutasi 16.000 sampel DNA mitokondria dalam genom lebih dari 47 generasi kemudian rekonstruksi silsilah ibu berdasar urutan mitogenome.

"Studi kami menunjukkan evolusi dapat bergerak lebih cepat dalam jangka pendek daripada perkiraan berbasis fosil," kata Larson.
Mitogenomic analysis of a 50-generation chicken pedigree reveals a rapid rate of mitochondrial evolution and evidence for paternal mtDNA inheritance

Michelle Alexander et al.

Biology Letters, 28 October 2015, DOI:10.1098/rsbl.2015.0561

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.