Skip to main content

Lidah Belt Kelelawar Jeruk (Lonchophylla robusta)

Penelitian ~ Hanya menjulurkan lidah dan berdebar nektar terangkat ke mulut lebih tepat seperti belt conveyor sebagai perangkat minum.

Capture video kecepatan tinggi memaksa Kelelawar Jeruk (Lonchophylla robusta) mengakui alur lateral semi terbuka yang memiliki dorongan kombinasi deformasi dan kapiler melawan gravitasi.

Sementara Kelelawar Vampir menjilat darah seperti kucing minum susu, Kelelawar Jeruk menjulurkan lidah panjang dan hanya mencelup. Tidak menjilat atau naik turun melempar cairan.

Para ilmuwan mencari istilah yang lebih tepat ketika sangat sabar mengamati kelelawar tropis minum nektar dengan cara yang belum pernah didokumentasikan sebelumnya.

Sepanjang alur di setiap sisi tepi berombak-ombak seakan lidah mengelar gelombang seperti usus manusia. Nectar hanya meluncur dan mengikuti sebuah ban berjalan.

Tetapi teori tidak berhenti di sini. Faktor lain yang penting mungkin viskositas nektar dengan konsentrasi gula bervariasi setiap bunga. Konsentrasi rendah lebih mengalir bebas dan lebih mudah dipanen.

Lidah efisien spesialis nektar peduli angkat berat karena kelelawar 15 gram setiap malam perlu minum sekitar 1,5 kali berat tubuhnya dengan 800 sampai 1.000 kali kunjungan bunga.

"Dua detik setiap bunga adalah kunjungan panjang," kata Mirjam Knörnschild, ekolog University of Ulm di Jerman.

Di bawah tekanan, lidah ekstrim membentang lebih panjang dari tubuh. Evolusi tonjolan mirip rambut di setiap tepi yang melahap secara berbeda-beda di antara kelelawar seiring gaya makan.

Lidah bohong umumnya tergulung di belakang mulut seperti pada lidah khas mamalia, tetapi lembaran pada Kelelawar Jeruk mencapai tenggorokan dengan jangkar di antara tulang dada dan jantung.




Nectar uptake in bats using a pumping-tongue mechanism

Marco Tschapka, Tania P. Gonzalez-Terrazas and Mirjam Knörnschild

Science Advances, 25 Sep 2015, DOI:10.1126/sciadv.1500525

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.